Tentang JMMI

Profil JMMI ITS
Profil JMMI ITS

[Profil JMMI]

Assalamualaikum sahabat Manarul! Pernahkah terpikirkan apa sih itu JMMI? Mengapa namanya JMMI? Siapa saja pengurus JMMI? Nah kali ini mimin akan menjelaskan dengan kaidah 5W + 1H agar mudah dipahami sahabat Manarul. WHAT – Apa Itu JMMI? JMMI merupakan singkatan dari Jamaah Masjid Manarul Ilmi. “Wah, kalau ane shalat jamaah di Masjid Manarul Ilmi, berarti ane anggota JMMI dong?” Bisa dikatakan demikian, namun… kalau dari segi organisasi dimana JMMI juga didefinisikan sebagai Lembaga Dakwah Kampus (LDK) ITS, tentu ada prosedur untuk bisa menjadi pengurus JMMI. WHEN – Kapan LDK JMMI berdiri? Dalam Tartibul Amal JMMI, organisasi ini didirikan pada bulan September tahun 1989 M bertepatan dengan bulan Safar tahun 1410 H di Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Keputih, Sukolilo, Surabaya. Oh ya embrio dari LDK JMMI sendiri bernama Ta’limul Islam yang ada sejak 1986. Ta’limul Islam didirikan oleh aktivis RDK (Ramadhan di Kampus) ITS bersama pengurus mushola asrama. Organisasi ini mengadakan kajian rutin skala kecil (di lingkup mushola asrama ITS) dan mengurusi PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). WHERE – DImana Sekretariat JMMI berada? Sekretariat atau kantor JMMI berada di sebelah barat daya Masjid Manarul Ilmi. Kalau sahabat Manarul pernah memarkirkan motor di parkiran Manarul Ilmi dan masuk ke MMI lewat serambi selatan, di sebelah selatan parkiran akan dijumpai sebuah kantor berbentuk seperti rumah. Nah kantor ini adalah sekretariat bersama JMMI dan LDJ, ruang Takmir MMI, serta LMZIS-MMI. WHO – Siapa yang Berhak Menjadi Pengurus JMMI? Pengurus JMMI adalah civitas muslim akademika ITS, khususnya dari kalangan Mahasiswa. Namun JMMI juga diawasi oleh Dewan Syariah yang terdiri dari dosen dan ustaz yang terafiliasi dengan JMMI. WHY – Kalau Pengurus JMMI adalah mahasiswa, Mengapa namanya Jamaah MASJID Manarul Ilmi? Mengapa Bukan Jamaah Mahasiswa Manarul Ilmi? Sampailah kita ke pertanyaan yang krusial. Penamaan erat kaitannya dengan sejarah berdirinya organisasi ini. Kalau sahabat Manarul sangat penasaran, boleh dibaca buku “Keping Juang JMMI” yang bisa dipinjam di Perpustakaan Manarul Ilmi. Tapi, biar nggak mati penasaran, mimin akan sedikit menceritakan nih. Berdasarkan penuturan Pak Yoyok Setyo Hadiwidodo, ST., MT, Ph.D wakil pembina JMMI, diawal berdirinya JMMI, semua kegiatan JMMI termasuk Perpustakaan dan kegiatan shalat Jumat, diurusi oleh Pengurus Harian JMMI. Hingga kemudian terbentuk Takmir MMI yang mengambil alih urusan shalat Jumat dan perpustakaan Manarul. HOW – Bagaimana caranya bergabung JMMI? Nah sebelum berpikir kesana, pastikan sahabat Manarul memenuhi kriteria awal, yakni mahasiswa muslim ITS, utamanya mahasiswa baru, dan mahasiswa tahun kedua. Untuk open recruitment JMMi insya allah akan diadakan di bulan ini. So, pantengin terus OA kita ya… #ProfilJMMI #JMMI1718 #SemangatMENGINSPIRASI #SenseOfDakwah #ITSSurabaya

[Logo dan Struktur Kepengurusan JMMI]

Struktur Kepengurusan JMMI
Arti Lambang JMMI

Sahabat Manarul, pernah lihat logo JMMI? Memang maknanya apa ya? Kenapa harus berwarna hijau tua, bergambar kubah masjid, setengah lingkaran roda gerigi dan bulan bintang diatasnya? Yuk Langsung simak penjelasannya di poster pertama post ini.

Selanjutnya mengenai struktur kepengurusan JMMI. Dalam Organigram JMMI, ternyata struktur kepengurusan JMMI tidak hanya Pengurus Harian saja. Ada berbagai elemen dalam kepengurusan JMMI yang akan mimin jelaskan secara singkat di bawah ini.

A.Dewan Syariah
Dewan syariah terdiri dari dosen dan ustaz yang berafiliasi dengan JMMI ITS. Arahan kerjanya ialah memberikan masukan dan rekomendasi syariah agama kepada pengurus harian JMMI. Biasanya dewan syariah terdiri dari Tim Pembina Kerohanian Islam (TPKI) dan Takmir MMI yang memberikan arahan koordinatif kepada Ketua Umum JMMI.

B.Dewan Pertimbangan Pengurus (DPP)
DPP beranggotakan Pengurus Harian JMMI periode sebelumnya yang memiliki peran khusus dalam kepengurusan JMMI yang sedang aktif. DPP memiliki garis koordinatif kepada Ketua Umum JMMI.

C.Kelembagaan Inti
Kelembagaan inti adalah sektor yang bertugas untuk mengatur dan mengoordinasikan semua badan-badan dalam struktur kepengurusan agar dapat berjalan sesuai dengan arahan kerja masing-masing. Kelembagaan inti terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, Bendahara Umum, dan Ketua Muslimah.

D.Badan Khusus
adalah sektor khusus dalam struktur kepengurusan yang dibentuk untuk menjalankan fungsi khusus yang berada di bawah koordinasi kelembagaan inti.Badan khusus terdiri dari Badan Khusus Kemuslimahan (BKK) dan Badan Khusus Muslimpreneur (MP).

E.Badan Semi Otonom
Badan Semi Otonom adalah sektor khusus dalam struktur kepengurusan yang dibentuk untuk menjalankan fungsi khusus yang memiliki garis koordinasi dengan Ketua Umum.Badan Badan Semi Otonom terdiri dari Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus, Pusat Komunikasi dan Pengembangan Lembaga Dakwah Jurusan, Badan Pelaksana Mentoring (BPM) dan Badan Pelayanan Ummat (BPU).

F. Badan
Badan adalah sektor dalam struktur kepengurusan yang dibentuk untuk menjalankan fungsi khusus yang memiliki garis koordinasi dan instruksi dengan Sekretaris Jenderal. Badan terdiri dari Kaderisasi, Syiar, Jaringan, Akademik dan Prestasi, Islamic Press (Media Kreatif dan Pena JMMI).

Oh ya, ada lagi pembagian struktur berdasarkan tingkat kepemimpinan sebagai upaya regenerasi JMMI. Struktur Kepengurusan yang dimaksud ialah tingkat Pengurus Harian yang idealnya diisi kader tahun ketiga di LDK JMMI. Kemudian Mid leader (Midle) dan staff ahli yang diisi oleh kader-kader tahun kedua di ormawa ini, serta jajaran staff yang tentunya diisi oleh mahasiswa yang baru bergabung jadi pengurus JMMI.

Nah itulah struktur kepengurusan JMMI Inspirasi. Sahabat manarul masih penasaran tentang JMMI? Ikuti terus postingan kami ya…
#StrukturKepengurusanJMMI
#JMMI1718
#SemangatMENINSPIRASI
#SenseOfDakwah
#ITSSurabaya

]]>