Artikel Terbaru

Dialog Cinta

“Karena fitrah manusia yang diciptakan untuk bisa merasakan cinta” Aku adalah kata yang tua. Yang membawa Adam dan Hawa terusir dari surga karena bujukan Iblis. Namun atas namaku juga, keduanya memohon ampun kepada Allah atas segala khilaf. Setelah sekian lama Read more…

Jati Diri dan Karakter Seorang Muslim

“Suatu ketika, kita pernah bertanya bahwa sejauh mana kita mengenal diri kita. Apakah selama ini kita menjalani kehidupan tanpa mengenal diri kita, yang tidak tahu apa tugas kita, dan tidak tahu kemana tujuan kita. Betapa penting mengenal diri sendiri sebelum kita mengenal arti kehidupan yang lain. Sulit bagi orang yang tidak memahami dirinya untuk menggapai hidup dalam ketenangan dan kesejahteraan. Lalu, bagaimana konsep jati diri kita, apakah sudah benar ataukah salah?”

Menjadi Seorang Muslim dalam Menjalankan Syariat Sesuai Apa yang Diyakini Cocok dengan Jati Diri Kita

“Islam merupakan agama yang mudah dan fleksibel. Namun bukan berarti kita seenaknya dalam menjalankan syariat. Diharapkan seorang muslim dapat menjalankan syariat agama ini secara sempurna atau menyeluruh (kaffah). Jika hanya menjalankan sebagian, sekedar menggugurkan kewajiban, atau mengabaikannya, maka jati diri kita sebagai seorang muslim pun dapat dikatakan tak utuh kembali bahkan memudar. Kecuali jika ia bertaubat dan kembali kepada jalan yang benar.”

Balasan Seorang Muslim yang Mempertahankan Jati Dirinya Hingga Akhir Hayat

“Seseorang yang telah beragama Islam bukan berarti telah menjadi orang paling mulia di sisi Allah ‘Azza wa Jalla. Bahkan yang telah beragama Islam sejak lahirpun janganlah merasa telah menjadi orang yang merasa dicintai-Nya. Karena tingkat keimanan berbanding lurus dengan rasa cinta Allah kepada hambanya. Semakin orang mempertahankan keimanan dan jati dirinya sebagai seorang muslim, maka semakin besar balasannya di sisi Allah.”

Memanfaatkan Bulan Ramadhan dengan Memperbaiki Adab dan Akhlak

“Bulan penuh keberkahan, penuh keutamaan, dan penuh ampunan. Dimana amal-amal dilipatgandakan, manusia berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan tersebut. Bulan disyariatkannya puasa wajib selama sebulan penuh, dengan memperhatikan adab-adab di bulan tersebut. Bulan diturunkannya Al-Qur’an, sebuah kitab yang menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya dan kitab yang menjadi pegangan hidup untuk seluruh umat manusia. Sehingga Al-Quran menjadi momen kesempatan besar untuk seluruh kaum muslimin agar memanfaatkannya sebaik mungkin di bulan ini, yakni memperhatikan adab-adab membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya.”