Grand Launching Mentor – Press Release

Dipublikasikan oleh Islamicpress pada


Terkadang berdakwah tidak harus melalui jalan ceramah atau ta’lim layaknya pengajian pada umumnya. Nasihat yang disampaikan oleh seorang mukmin secara kontinu tak jarang lebih ampuh membuat orang yang dinasihati berubah jauh lebih baik dari sebelumnya. Begitulah substansi yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Roisudin, Lc. dalam Grand Launching Mentor yang diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Mentoring (BPM) JMMI ITS beberapa waktu yang lalu (24/03).
 
Dalam acara tersebut, pemateri lebih menekankan bagaimana peran penting mentor dalam menjalankan dakwah fardhiyah. Dakwah fardhiyah secara substantial termasuk metode yang pernah dilakukan oleh Rasulullah pada masa-masa awal dakwah di Mekkah. Dimulai dari keluarga, kerabat, kemudian mulai meluas ke beberapa orang di sekitarnya.
 
Sebagai seorang mentor, beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menjadi mentor yang sukses adalah ikhlas, mengamalkan prinsip ballighuu ‘annii wa lau aayah (sampaikanlah dariku – yang telah dipahami ilmunya – walaupun satu ayat), membuat perencanaan dengan mentee terkait agenda mentoring, sabar, dan yang terpenting adalah bagaimana mentor bisa menjadi teladan (qudwah) bagi mentee-nya.
 
Pada sesi tanya jawab, pertanyaan yang keluar berkaitan dengan eksklusifnya seorang pendakwah terhadap lingkungan sekitarnya. Ustadz Muhammad Roisudin memberikan sebuah perumpaan seperti minyak yang tidak bercampur dengan air. Perumpamaan ini bermakna dekat dengan objek dakwah (mad’u) bukan berarti kita larut dalam perilaku negatif yang melekat pada objek dakwah kita. Pada intinya bagaimana kita bisa mewarnai dalam artian memberikan pengaruh positif kepada mereka. Salah satu caranya adalah senantiasa memberi nasihat yang baik.
 
Acara ini ditutup dengan simulasi peserta GLM berupa mengajak para jamaah yang ada di sekitar Masjid Manarul Ilmi untuk beristighfar 10 kali. Hal ini sebagai salah satu bentuk implementasi dari dakwah fardhiyah itu sendiri.]]>


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *