Tragedi “Jumat Berdarah” di Selandia Baru

Dipublikasikan oleh Islamicpress pada

Salah satu korban terror di masjid Al-Noor Selandia Baru

إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ‎
Kabar duka kembali menimpa umat Islam. Jumat (15/03) seorang pria bersenjata melepaskan tembakan pada pelaksanaan salat Jumat di sebuah masjid Al-Noor Selandia Baru yang menewaskan banyak jamaah. Hal ini membuat kota Christchurch sempat lumpuh. Media Selandia Baru melaporkan sedikitnya 27 orang tewas. Polisi mengatakan beberapa kematian telah terjadi di dua masjid.

Rekaman video penembakan beredar luas di media sosial melalui live streaming oleh seorang pelaku penembakan saat serangan itu berlangsung. Dalam video tersebut pelaku mengemudikan mobil ke satu masjid dengan membawa senjata, memasukinya, dan menembak secara acak pada orang-orang di dalamnya selama lima menit, berulang kali menembak orang yang sedang shalat, meninggalkan lebih dari selusin mayat di satu ruangan sendirian. Pelaku kembali ke mobil selama periode itu untuk berganti senjata, dan kembali ke masjid untuk menembak siapa pun yang menunjukkan tanda-tanda kehidupan.

Video itu menunjukkan pria bersenjata melaju dengan kecepatan tinggi dan kemudian menembaki mobil dan bangunan yang diparkir. Polisi mengatakan masjid kedua yang diserang berada di pinggiran Linwood, tetapi tidak memberikan rincian.

Dubes RI untuk Selandia Baru di Wellington, Tantowi Yahya, menyatakan ada 2 WNI yang turut menjadi korban luka dalam serangan itu. Tantowi menyebut insiden itu membuat sejumlah WNI panik.

Perdana Menteri New Zealand, Jacinda Ardern, mengatakan peristiwa tersebut sebagai “peristiwa kejahatan yang belum pernah terjadi sebelumnya” melalui siaran pers.

Umat Islam turut mengecam akan tindakan biadab tersebut. Tindakan itu merupakan bentuk pelanggaran HAM dan selayaknya kita marah akan hal ini. Di sisi lain, mari selipkan doa terbaik kita untuk korban penembakan teroris di New Zealand. Semoga semua korban tragedi penembakan tersebut meninggal dalam kondisi syahid dan diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Divisi Reportase dan Ruang Wawasan
Badan Islamic Press
JMMI ITS

(Sumber: Jakarta Post, news.detik.com)

]]>

Kategori: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *