Sah! Muktamar Dakwah Kampus II Akhirnya Selesai

Dipublikasikan oleh Islamicpress pada

Setelah satu tahun macet, Panduan Bersama Lembaga Dakwah (PBLD) akhirnya disahkan. 22 dari total 29 LDJ di ITS hadir pada sidang Muktamar Dakwah Kampus II ITS, menandatangani pengesahan PBLD.

“Alhamdulillah karena semua yang tertunda selama satu tahun kemarin, akhirnya bisa dilaksanakan dan disahkan PBLD nya. Semoga dengan disahkan, PBLD ini nantinya bisa diterapkan oleh semua LDJ (Lembaga Dakwah Jurusan, pen) ITS sehingga sinergi dakwah di ITS ini dapat berjalan dengan lancar dan program dakwah dari LDJ dapat lebih melakukan ekspansinya lebih masif lagi” Ujar Ichsan Syafi’I, Ketua Pelaksana Muktamar Dakwah Kampus 2019.

Tanggapan selaras pun turut disampaikan oleh M. Thoriq Al-Fatih selaku Direktur PKPLDJ JMMI 2019, “Alhamdulillah, sudah menunggu PBLD disahkan setelah ditunda selama satu tahun, bahkan dimulai kan di tahun 2017 semester 1 dan rencana tahun 2018 awal sudah selesai, berarti akhir bulan maret. Tapi tertunda karna ada beberapa kendala dan akhirnya ditargetkan juga diselesaikan di kepengurusan Kabinet Inspirasi 2 dan itu juga belum selesai kemarin. Dan alhamdulillah di kepengurusan sekarang bisa terlaksana. Kami dari JMMI sendiri terutama sangat bersyukur.”

Tidak hanya itu. Selain pengesahan PBLD terdapat hal lain yang dibahas dalam Muktamar Dakwah Kampus. Pada 2020, ditargetkan keseluruhan 29 LDJ telah melakukan normalisasi timeline kepengurusan menjadi Januari-Desember. Dicita-citakan pula pada suatu saat pelantikan kepengurusan LDJ dilaksanakan secara serentak melalui MA (Musyawarah Akbar).

“Jadi, harapannya PBLD ini mampu dijadikan pedoman oleh LDJ-LDJ di ITS untuk melakukan program dakwahnya.” Jawab Ketua Pelaksana MDK 2019 ketika ditanya akan harapan ke depannya setelah disahkannya PBLD melalui sidang pleno MDK 2019.

Namun menurut Direktur PKPLDJ JMMI 2019, masih banyak yang perlu dilakukan, “Sebenarnya masih banyak PR. PBLD selesaikan dan di sahkan bukan berarti sudah selesai. Masih ada up selanjutnya. Masih perlu pencerdasan dan masterisasi karena PBLD kan seperti paduan ideal dimana paduan ideal itu bisa diterapkan oleh seluruh elemen dakwah di ITS dengan harapan dakwah kita di ITS itu bisa sinkron.”

Perlu diketahui bahwa MDK pertama kali diselenggarakan pada tahun 2011. Kemudian MDK kembali dilaksanakan pada 2018 lalu. MDK meupakan forum musyawarah yang diadakan antara LDP (Lembaga Dakwah Pusat) dan LDS (Lembaga Dakwah Sektor) untuk mengesahkan PBLD.

PBLD merupakan pedoman dalam melakukan aktivitas dakwah kampus. Pembahasannya bersifat komprehensif baik dari segi konsep sampai pada teknis pelaksanaannya dalam melakukan gerak langkah dakwah di kampus. Di dalamnya dimuat panduan teknis bagaimana hubungan dan pola koordinasi antara JMMI sebagai LDP dan lembaga dakwah di jurusan-jurusan sebagai LDS, termasuk panduan dalam menyiarkan Islam di kampus sebagai bentuk kegiatan dakwah.

Reporter : Fawwaz Zaini Ahmad (Staff Divisi Reportase dan Ruang Wawasan Islamic Press JMMI ITS)
Editor : Azrul Kiromil Enri Auni (Pimpinan Redaksi Islamic Press JMMI ITS)

Kategori: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *