Mudik Bersama, RDK 40 ITS Berangkatkan 450 Pemudik

Dipublikasikan oleh Islamicpress pada

Tahun ini Ramadhan di Kampus (RDK) 40 ITS kembali menggelar kegiatan Mudik Bersama secara gratis pada Minggu (2/6/2019).

Kegiatan mudik bersama ini merupakan bagian dari program Ramadhan di Kampus (RDK) 40 ITS yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur.

Minggu pagi, tepatnya di Taman Alumni ITS, pemudik sudah bersiap mulai pukul 6 pagi. Mereka merupakan para mahasiswa ITS dan masyarakat umum yang telah mendaftar dan memenuhi persyaratan sehingga mendapatkan kesempatan untuk bisa mengikuti mudik bersama secara gratis.

Muhammad Saad Salahudin, selaku Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa pada pelaksanaan tahun ini terdapat peningkatan jumlah pemudik dan ada delapan rute perjalanan yang akan dilalui bus-bus tersebut. Antara lain Kertosono-Trenggalek, Situbondo-Banyuwangi Utara, Karangjati-Ngawi, Malang-Blitar, Jember-Banyuwangi Selatan, Madiun-Ponorogo, Madiun-Magetan, dan Bojonegoro.

“Mudik bersama tahun ini Alhamdulillah ada 13 bus untuk 8 rute. Jadi, masing-masing rute ada 1 bus, kecuali Trenggalek ada 2 bus, Ponorogo ada 3 bus, dan Banyuwangi Selatan ada 3 bus. Peserta ada sekitar 450 penumpang dan tadi dikawal oleh Pak Sutardi selaku ketua TPKI ITS dan Pak Dwi Purnomo selaku perwakilan Dishub Jatim,” jelasnya.

Menurut Saad, selain dari segi bebas biaya, meningkatnya animo pendaftar mudik bersama ini terlihat dari segi kemudahan dalam mendaftar dibandingkan pelaksanaan tahun lalu.

“Perbedaan antara pelaksanaan mudik bersama tahun ini dengan tahun lalu yaitu di pendaftaran, kalau tahun lalu pakai berkas-berkas dan terlalu banyak berkas sehingga dalam pendataannya agak sulit dan tahun ini hanya membutuhkan fotokopi ktp atau kartu keluarga saja,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta mudik bersama, Adi yang merupakan mahasiswa ITS terlihat antusias dan semangat untuk pulang ke kampung halamannya di Ngawi, Jawa Timur.

“Saya merasa senang karena adanya mudik bersama secara gratis ini, lumayan bisa menghemat biaya mudik,” ungkapnya.

Selepas pelaksanaan mudik bersama tahun ini, Muhammad Saad Salahudin selaku ketua pelaksana berharap agar kepanitiaan tahun depan bisa memaksimalkan publikasi, agar animo pemudik yang mendaftar mudik bersama semakin meningkat.

Reporter : Athaya Aufa Diaz

Kategori: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *