BSO FSLDK (Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus)

fsldk“Sinergi Akselerasi kontribusi”

FSLDK merupakan Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus. FSLDK adalah jaringan yang beranggotakan LDK-LDK (bukan orang per orang) se-Indonesia. Sifat keanggotaan FSLDK cukup terbuka, artinya setiap LDK berhak bergabung dengan FSLDK. Hal ini dikarenakan salah satu visi FSLDK yakni mengoptimalkan akselerasi dakwah kampus nasional. Jaringan FSLDK sudah tersebar luas di seluruh nusantara. Mulai dari ujung Sumatera hingga Papua. FSLDK ada yang namanya Puskomnas (Pusat Komunikasi Nasional). Saat ini amanah puskomnas dipegang oleh UNS Surakarta (Periode 2015-2017), di bawah puskomnas ada yang namanya Puskomda (Pusat Komunikasi Daerah) yang mana saat ini sudah ada 37 puskomda se-Indonesia. JMMI ITS termasuk di Puskomda Surabaya Raya (periode 2013-2015). Adapun tujuan FSLDK adalah mengoptimalkan kolaborasi dakwah dengan LDK lain sebagai upaya ekspansi dan akselerasi dakwah kampus di tingkat Surabaya raya maupun nasional.

Divisi:

BK Peduli
Merupakan amanah yang disematkan oleh Puskomnas JNUKMI UNS kepada JMMI ITS pada tahun 2015-2017 sebagai peran BK Peduli yang hanya sebatas memberikan masukan ataupun usulan kepada Komisi A Nasional tentang pengambilan kebijakan ataupun aksi terhadap bencana alam dan bencana kemanusiaan.

Komisi A – Isu dan Keumatan

Ngapain aja?
pernah ikut aksi ngga? tapi bukan aksi demo lho…
kayak aksi galang dana yang diadakan oleh puskomda, biasanya di bungkul atau grahadi.
tapi bukan berarti komisi A identik dengan aksi, tapi lebih tepatnya ke sosial-kemanusiaan

Komisi B – Strategi Sukses Dakwah Kampus

Komisi B adalah jantungnya FSLDK. Komisi B sering menginisiasi untuk jaulah (kunjungan) ke LDK-LDK. Saat ini kan ITS mendapat amanah menjadi BP (Badan Pekerja) yang bertugas untuk mendampingi LDK-LDK se-Surabaya Raya.

Jaulah silaturrahim ini program berkala yang memiliki 2 maksud. Yang pertama bertujuan untuk menjalin ukhuwah antar LDK, terutama antara BP Puskomda dengan LDK. Isi dari jaulah ini adalah ramah tamah, sharing-sharing, dan berbagi pengalaman di dkwah kampusnya masing-masing. Di sini biasanya LDK akan menyampaikan qodhoya (curhatan) ke BP terkait kondisi LDK nya, dan BP berkewajiban melayani curhatan mereka dengan segenap kemampuan yang dimiliki BP tersebut. Yang kedua, pendampingan ini bertujuan utnuk menyelesaikan misi tertentu dalam permasalahan di LDK dampingan. Ini adalah follow up dari fungsi yang pertama. Jika diibaratkan, fungsi pertama adalah pencarian data, maka fungsi kedua eksekusi masalah. Inilah kemampuan dari tim BP diuji. BP dituntuk untuk bisa menjadi partner setia LDK yang senantiasa menjadi tempat berkeluh kesah, yang senantiasa menjadi problem solver mereka.

selain jaulah, ada pelatihan manajerial ldk, ada nasionalisasi mentoring, dan masih banyak prodak2 lainnya.

Komisi D – Humas dan Media

Kalau mobil bagus tapi ngga ada bensinnya.. gimana bisa jalan?
sama dengan FSLDK, FSLDK tanpa Komisi D, ibarat mobil tanpa bensin alias mogok.
komisi D itu pengembangan dakwah media LDK se-Surabaya Raya dan membangun jaringan eksternal FSLDK (non-LDK).
Sekalian update sosmed fsldk. Menulis berita, menjadi reporter ketika ada aksi, siap2 mengadakan kunjungan media..
dan beberapa proker Komisi D adalah forum kepenulisan :D, silaturrahim tokoh, membuat buletin setiap 2-3 bulan, dan lain-lain.