BSO BPM (Badan Pelaksana Mentoring)

“Enjoy Mentoring”

Setiap tahun, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima tidak kurang dari 3500 mahasiswa baru muslim yang berkualitas dari program D3, D4, dan S1 Reguler. Sebagai insan pendatang baru tentu memerlukan persiapan ekstra dalam beradaptasi di dunia kampus. Beraneka ragam budaya di lingkungan kampus menuntut mereka untuk lebih berhati-hati dalam menyeleksi dan memilih aktivitas-aktivitas yang mereka lakukan agar berhasil menjadi pribadi muslim yang prestatif. Oleh karena itu, membekali diri dengan karakter pribadi muslim yang benar dan kokoh merupakan sebuah keharusan.

Mentoring sebagai salah satu kegiatan pembinaan Mahasiswa Baru Muslim berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Mentoring merupakan kegiatan pembinaan berkelanjutan dalam kelompok kecil sebagai bentuk pendampingan / asistensi Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. Kegiatan mentoring secara umum merupakan penanaman pengetahuan dasar keislaman dan manajemen serta monitoring dan kontroling capaian target ibadah harian. Harapan kami mahasiswa baru muslim dapat memahami Islam secara menyeluruh sehingga kelak mampu berperan serta dalam membangun kembali peradaban Islam melalui ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasainya.

Selain itu, melalui proses mentoring ini diharapkan tercipta suasana Islami di Kampus Perjuangan, yaitu suasana yang harmonis antara segenap civitas akademika ITS maupun antara civitas akademika ITS dengan Sang Pencipta.

Divisi:

Biro Penelitian dan Pengembangan

Pelaksanaan mentoring wajib sebagai asistensi resmi Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam menuntut profesionalisme dari tiap pihak yang berkaitan. Oleh karena itu, kami menyediakan toolkit mentoring, serta melakukan fungsi monitoring, kontroling, pendampingan, serta pengembangan terhadap pelaksanaan mentoring yang dilakukan oleh tiap jurusan serta melakukan pelaporan kepada Dosen Mata Kuliah PAI.

Biro Mentor

Salah satu penentu kualitas pelaksanaan mentoring adalah kualitas dari mentor itu sendiri. Karena itu, kami berusaha untuk dapat menyeleksi dan membina para mentor yang menjadi pendamping dalam kegiatan mentoring.

Biro Mentee

Kegiatan mentoring yang dilakukan secara rutin memerlukan inovasi dan penyegaran untuk menghidari kejenuhan dalam pelaksanaannya. Kami berusaha menghadirkan kegiatan-kegiatan dan program pendukung di luar proses mentoring yang dilaksanakan secara rutin agar mampu memeriahkan dan menyemangati kembali mentee dan mentor dalam pelaksanaan mentoring.

Tim Rumah Tangga

Profesionalisme manajemen pelaksanaan mentoring menuntut pemahaman dan penjagaan ukhuwah pengurusnya. Tim ini berusaha untuk meningkatkan profesionalitas pengurus dalam melaksanakan program-program BPM mulai dari pra pelaksanaan program hingga pasca pelaksanaan program-program BPM, serta menguatkan dan menjaga ukhuwah antar pengurus BPM.