Tahun Baru 1440 Hijriyah


Momen tahun baru hijriah mengandung semangat hijrah yang besar dan menggebu. Momen perpindahan “min azh-zhulumati ila an-nuri”, dari kegelapan menuju cahaya. Dapat dimaklum, momen-momen yang tidak terjadi setiap hari biasanya memiliki animo tersendiri. Khusus tahun baru, umum sekali kita dapati “resolusi tahun (masukkan angka tahun baru)”, yang menjadi tujuan atau motivasi bagi setiap orang . Namun, seringkali demikian ini hanya hangat-hangat sambal, satu-dua bulan sudah mutung semangatnya.

Yang demikian itu harus direvisi. Tahun baru ada baiknya disambut dengan muhasabah yang serius. Introspeksi yang dilakukan betulan, untuk mengingat kembali amal yang telah diperbuat sebagai dasaran perbaikan kegiatan di tahun depan. Mempertahankan hal yang baik dan meninggalkan hal yang buruk. Tidak hanya semangat yang menggebu di akhir tahun saja yang dijadikan resolusi, kemudian hilang tak berbekas dalam hijrah yang tidak selesai.

Muhasabah yang baik dimulai dari akal, membentuk pertimbangan-pertimbangan logis alih-alih euforis-emosional; sambil mengingat-ingat, mana yang memang harus “dihijrahkan” ketimbang mana yang kebetulan saat itu sedang menggebu-gebunya untuk diubah. Muhasabah yang baik juga harus didahului niat perbaikan diri yang bersih dan rendah hati, agar tidak ada kesalahan yang malah dicari-cari pembenarannya padahal harusnya masuk blacklist amalan tahun depan.

Mari menyambut tahun baru hijriah ini dengan semangat pembaruan diri dan muhasabah. Mari membuka lembaran baru, dan kalau sudah muhasabah, mari istiqomah berhijrah dengan berkaca pada hasil muhasabah kita.

Terakhir,
Umar ibn Khattab ra pernah berpesan mengenai muhasabah:
“Hasibu anfusakum qabla an tuhasibu”
Kira-kira dapat dipahami,
“Hisablah sendiri dirimu sebelum kamu dihisab oleh Allah”, atau,
“Evaluasilah sendiri dirimu sebelum kamu dievaluasi oleh Allah”.
((hayo, serem gak tuh, dieval sama Yang Mahakuasa?))

Selamat Tahun Baru Hijriah 1440H!!!
#TahunBaru
#JMMI1718
#SemangatMENGINSPIRASI
#SenseOfDakwah
#ITSSurabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *