Malam Lailatul Qadar

2018-06-09 20:54

Sahabat Manarul, malam ini telah masuk malam 25 Ramadhan. Memang apa istimewanya? Coba simak hadis ini

Dari Ubadah bin Shamit Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ke luar pada malam Lailatul Qadar, ada dua orang sahabat berdebat, beliau bersabda : “Aku keluar untuk mengkhabarkan kepada kalian tentang malam Lailatul Qadar, tapi ada dua orang berdebat hingga tidak bisa lagi diketahui kapannya; mungkin ini lebih baik bagi kalian, carilah di malam 29. 27. 25” (HR. Bukhari 4/232)

Malam Lailatul Qadr atau yang biasa kita dengar sebagai “Malam Seribu Bulan” merupakan malam dimana terdapat beberapa sebagaimana Allah Ta’ala berfirman dalam Q.S. Al-Qadr 1-5: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”. Sudahkah kalian tahu apa saja keutamaan-keutamaan di Malam Lailatul Qadr? Yuk simak pada poin-poin berikut ini:

1. Malam Kemuliaan
Malam Lailatul Qadr merupakan malam dimana banyak peristiwa luar biasa terjadi seperti turunnya para malaikat (termasuk malaikat Jibril) dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan. Malam tersebut akan penuh dengan kesejahteraan sampai terbit fajar. Karenanya malam Lailatul Qadr disebut pula sebagai malam kemuliaan, yang berarti sangatlah baik dan harus dikejar.

2. Lebih Baik dari Seribu Bulan
Beberapa ulama berpendapat bahwa beribadah dan beramal di malam Lailatul Qadr itu memiliki nilai pahala yang besar, hingga lebih dari orang yang beribadah selama 1000 bulan atau setara dengan 80 tahun. Karenanya, amat disayangkan jika kesempatan tersebut terlewat begitu saja.

3. Waktu Al-Qur’an Diturunkan
Al-Qur’an pertama kali diturunkan oleh Allah Ta’ala kepada Nabi Muhammad SAW. pada bulan ramadhan tepatnya di malam Lailatul Qadr. Hal ini diperkuat dengan firman Allah Ta’ala di surat Al-Baqarah: 185, berbunyi: “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an”.

4. Malaikat Jibril dan Malaikat-Malaikat Lain Turun ke Bumi
Mereka diutus secara berbondong-bondong untuk membawa keberkahan dan rahmat, karenanya kita dianjurkan untuk banyak-banyak berdo’a.

5. Malam Penuh Kesejahteraan
Disebutkan bahwa malam Lailatul Qadr adalah malam penuh kesejahteraan, di mana kedamaian hati akan menghampiri mereka yang memperbanyak ibadah dan amalan mereka. Mereka sekana-akan terbebas dari pengaruh godaan syaitan.

6. Malam Penuh Ampunan
“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadr karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari, no. 1901). Dari hadis tersebut, terang sudah bahwa beribdah di malam Lailatul Qadr dengan niat tulus hanya karena Allah Ta’ala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

Mari kita tingkatkan ibadah kita karena Ramadhan akan segera berakhir. Semoga kita dapat bertemu malam Lailatul Qadr dan ibadah kita senantiasa diridhai oleh Allah subhanahu wata’ala.

#InspirasiKita
#JMMI1718
#SemangatMENGINSPIRASI
#SenseOfDakwah
#ITSSurabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *