IBUMU, IBUMU, IBUMU


Ibumu!, Ibumu!, dan kemudian Ibumu!. Begitulah jawaban Rasulullah ketika seorang sahabat bertanya berkali-kali kepada Beliau tentang kepada siapakah pertama kali kita harus berbakti.

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Begitu banyak pengorbanan dan kasih sayang yang Ibu berikan, mulai sejak kita dalam kandungnya selama 9 bulan, kemudian kita lahir, ia sambut dengan penuh cinta dan kasih sayang. Ibu yang menyusui dan menyapih kita dengan tulus dan ikhlas. Pun sampai akhirnya kita tumbuh dewasa, nama kita selalu disebutnya di tiap doa nya. Ibu orang pertama yang akan khawatir di kala kita sakit. Ibu orang pertama yang akan kita cari ketika kita bingung mencari pakaian atau barang-barang kita yang tidak kunjung kita temukan. Ibu orang pertama yang akan memberi ceramah dengan kata-kata cintanya ketika kita lupa makan. Allah SWT berfirman

وَوَصَّيْنَا الإنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ
وَفِصَالُهُ ثَلاثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَب
أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ
صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula).

Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni’mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”(Qs. Al-Ahqaaf : 15)

Pantaslah ketika surga dikatakan ada dibawah telapak kaki Ibu. Rasanya apapun tak akan bias menggantikan pengorbanan dan kasih sayang Ibu. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk berbakti kepada Ibu.

Tanggal 22 Desember 2017 kemarin, diadakan acara BKK Berbagi Menginspirasi (BBM) JMMI 1718. Dalam acara ini dibagikan bingkisan yang dikemas cantik dengan stiker berisikan quotes, salah satutnya mengutip dari Iwan Fals yang berbunyi “Seperti udara kasih yang engkau berikan, tak mampu ku membalas, Ibu”. Bingkisan yang berjumlah kurang lebih 300 bungkus ini dibagikan kepada Ibu dosen dan para Ibu-Ibu di sekitar kampus ITS, dengan tujuan sebagai pengingat kita bahwa ditengah apapun kesibukan kita, kewajiban kita dalam berbakti kepada orangtua terutama Ibu tidak boleh kita lupakan. Jagalah walau sekecil apapun bentuk perilaku dan perbuatan kita yang lakukan itu, bila menyinggung perasaan seorang Ibu maka gagal lah kita dalam meraih ridha Allah SWT.

Oleh karena itu jangan lupa berikan sapa dan senyum kita setidaknya setiap pagi sebelum kita memulai kesibukan hari-hari kita. In syaa Allah dengan hal sekecil senyum dan sapaan tulus kita kepada Ibu itu ada berkah doá yang beliau selipkan yang akhirnya mengantarkan kita pada ridha-Nya yang menjadi asebab kita lancar dalam menjalani hari-hari kita.

( ( ( “Don’t Forget that EVERYDAY IS MOTHER’S DAY. Yesterday, now, tomorrow, and beyond” (((

Tulisan oleh: Khansa Staf Badan Khusus Kemuslimahan JMMI 1718

🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻

Follow us on:
Instagram: JMMI ITS
Line: @pcn8008r
Facebook: @page.jmmi.its
Web: jmmi.its.ac.id

#DesemberHujan
#SemangatmengINSPIRASI
#SenseOfDakwah
#JMMI1718
#ITSSurabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *