Ada Apa Dengan 14 Februari

Banyak orang tahu bahwa 14 Februari merupakan perwujudan kasih sayang seseorang pada orang lain yang sering disebut Valentine’s day. Valentine’s day bermula dari upacara pensucian di Masa Romawi Kuno yang dipersembahkan untuk Dewi Cinta. Ketika agama Kristen Katolik menjadi agama negara di Roma, pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi Hari Perayaan Gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati St. Valentine yang kebetulan mati pada 14 Februari agar lebih mendekatkan diri pada ajarannya (The World Book Encyclopedia 1998). Pada perkembangannya di zaman modern saat ini, perayaan valentine disamarkan dengan dihiasi nama “hari kasih sayang”.

Lalu bagaimana kita yang beragama Islam?

Allah Subhanahu wa Ta’ala sendiri telah mencirikan sifat orang-orang beriman. Mereka adalah orang-orang yang tidak menghadiri perayaan orang-orang musyrik dan ini berarti tidak boleh umat Islam merayakan perayaan agama lain. Allah Ta’ala berfirman,
وَالَّذِينَ لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَإِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ مَرُّوا كِرَامًا

“Dan orang-orang yang tidak menyaksikan perbuatan zur, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.” (QS. Al Furqon [25]: 72)

Selain itu pula, agama Islam telah melarang kita meniru-niru orang kafir. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud.

Sehingga, kita sebagai umat Islam, harusnya paham dengan yang Allah firmankan dan Rasullah sabdakan. Ingatlah, bahwa kita tidak diperkenankan untuk ikut merayakan di 14 Februari ini. Lebih baik kita terus memperbanyak bertaubat pada Allah, bersholawat pada Rasulullah, dan membantu orang yang membutuhkan. Semoga Allah memberi taufik dan hidayah pada kita semua.

Sumber :

6 Kerusakan Hari Valentine

Tulisan oleh: Ulfa Siti Nuraini Midle Islamic Press JMMI 1718
Poster oleh: Dimmy Maulana Midle Islamic Press JMMI 1718

#JanuariTahumSemakinDekat
#SemangatMengINSPIRASI
#SenseOfDakwah
#JMMI1718
#ITSSurabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *