31 Januari Gerhana Bulan

Pada 31 Januari 2018 kemarin, peristiwa gerhana Bulan total yang merupakan gabungan dari tiga peristiwa, yakni supermoon, blue moon, dan blood moon telah terjadi. 28 Juli nanti, gerhana Bulan total akan terjadi lagi. Gerhana 28 Juli 2018 merupakan gabungan dari empat peristiwa sekaligus: blood moon, mini moon, hujan meteor Delta Akuarid, dan oposisi Mars. Dan menjadi Gerhana Bulan terpanjang Abad Ini.

-ITS Astronomy Club

Blood Moon
Warna merah pada Bulan tersebut berasal dari cahaya dari Matahari yang dibiaskan oleh atmosfer Bumi kita. Pembiasan ini terjadi karena cahaya Matahari terdiri dari berbagai frekuensi, mulai dari cahaya berfrekuensi rendah hingga yang berfrekuensi tinggi.

Mini Moon
Berbeda dengan gerhana Bulan total 31 Januari 2018 yang terjadi pada saat Bulan berada di jarak terdekatnya (perigee) dengan Bumi, atau yang disebut sebagai supermoon, untuk gerhana pada 28 Juli 2018 akan bertepatan dengan peristiwa apogee, yakni jarak terjauh Bulan dari Bumi.

Hujan Meteor Delta Aquarid
Hujan meteor yang bersamaan dengan gerhana bulan dikenal sebagai Delta Akuarid. Namanya berasal dari titik radian tempat di mana meteor-meteor seolah muncul: dekat bintang Skat (Delta Akuarii) di rasi bintang Akuarius. Hujan meteor ini mencapai puncaknya pada tanggal yang sama dengan gerhana Bulan total kedua tahun ini terjadi.

Oposisi Mars
Apa itu oposisi Mars? Dalam dunia politik, oposisi adalah kubu yang berlawanan. Begitupun dalam astronomi, oposisi menandakan sebuah benda langit sedang berada di sisi yang berlawanan dengan Matahari di langit Bumi.
Dengan begitu, ketika mencapai titik oposisi, Matahari-Bumi-Mars akan berada segaris lurus di bidang tata surya, membuat Mars terbit ketika Matahari terbenam serta membuat Mars berada di jarak terdekatnya dengan Bumi sehingga kenampakannya akan sangat terang.

Tulisan dan poster oleh : Rifqi Ramadhan

#gerhanabulan
#sholatgerhanabulan
#mooneclipse
#AkpresJMMI
#JMMI1718
#semangatmengINSPIRASI
#ITSSurabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *