Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi

Training Spritual dan kebangsaan merupakan Acara tahunan untuk menyambut mahasiswa baru tahun pelajaran 2017-2018 ini dilaksanakan Senin sampai Kamis 7-10 Agustus 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa baru dengan pemahaman spiritual, kebangsaan dan berbagai ilmu seperti kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Tiap tahunnya direktorat kemahasiswaan ITS membuat acara yang berbasis spiritual ini bekerja sama dengan semua tim kerohanian mahasiswa salah satunya Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI).

Sejak 2 tahun lalu kegiatan training ini dilaksanakan dan ditambahi materi kebangsaan agar mahasiswa baru tidak mudah terpengaruh dengan paham-paham radikal dan separatis yang mulai menjamur. Pemateri dalam kegiatan ini merupakan orang berkompeten yang berasal dari berbagai institusi selain dari ITS sendiri seperti Prof muhammad nuh, pak soeharjupri, prof abdullah shahab dan sebagainya. Untuk pemateri eksternal didatangkan dari markas komando armada RI kawasan timur (koarmatim), markas kodam brawijaya dan juga MUI. Dihadirkannya pemateri yang berkualitas dan berkompeten diharapkan mampu memberikan pengaruh yang cukup kuat pada para trainee.

Dimulai sejak pukul 7 tadi, peserta yang berasal dari mahasiswa baru strata 1 sudah memenuhi Grha Sepuluh Nopember sampai pukul 5 sore dimana acara berakhir. Untuk setiap harinya dengan pembagian 900 mahasiswa untuk hari pertama sampai ketiga peserta berasal dari mahasiswa strata 1 dan hari keempat untuk mahasiswa diploma. Selain mahasiswa bergama muslim, training mahasiswa beragama lain akan dilaksanakan pada Kamis 10 Agustus 2017 dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru mengingat urgensitasnya

Menurut ferdion firdaus ketua acara dari tim kerohanian islam acara hari ini cukup lancar dan antusiasme peserta cukup tinggi. Hanya sedikit kendala ditemui seperti kurangnya tenaga panitia dikarenakan belum masa aktif masuk kampus. Harapannya dengan kegiatan ini mahasiswa baru memiliki landasan spiritual yang baik sebagai pondasi menularkan kebaikan pada diri sendiri, agama, bangsa dan alam semesta.
Reporter : Berryl Ilham Staff Ahli Islamic Press JMMI 1718

Editor: Iham Salo Pimpinan Redaksi Islamic Press JMMI 1718