Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi

Hai Sahabat Inspirasi, bagaimana sih ciri-ciri orang yang berpuasa itu  berhasil? Denganmau berakhirmya ramadhan di tahun ini. Mari kita kupas yok, bagaimana kita  bisa merasakan ramadhan tahun ini berbekas dalam kehidupan kita.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS : Al Baqarah 183)

Sehingga, dari surah al baqarah ayat 183, kita dapat bahwa sebuah keberhasilan dari seseorang dalam menjalankan ibadah  puasa dibulan ramadhan adalah dengan berhasil menjadi pribadi yang bertaqwa.

dalam quran surah ali Imran  133-135, “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa(133). (yaitu) orang-orang yang menginfakkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang, Allah SWT menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan(134). Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.(135)”

surah ali Imran ayat 133-135 menjelaskan secara detail bagaimana ciri-ciri taqwa, dan dapat disimpulkan bahwa ada 5 ciri-ciri yang membuat puasa yang kita lakukan berbekas dalam kehidupan kita

  1. Memaafkan kesalahan orang lain

Ada sebagian dari sahabat kita sangat susah untuk memberikan kata maaf kepada saudaranya. Bahkan terkadang kesalahan sepeleh sekalipun.  Sifat yang tidak mau memberikan maaf, membuktikan kesempitan hati di daam dirinya.

Orang dengan hati lapang dan memiliki ketaqwaan akan sangat mudah untuk memberika kata maaf kepada saudaranya.  Dan kita harus ingat bahwa Allah selalu memaafkan kesalahan yang di perbuat hamba nya, sehingga tidak ada alasan buat kita untuk  tidak memberika maaf kepada saudara-saudara kita.

  1. Menahan amarah

Dapat menahan amarah saat kita bias melampiaskannya merupakan sesuatu  hal yang tidak mudah. Orang yang dapat menguasai dirinya saat marah tentu saja bukan orang sembarangan, ia telah membuktikan kekuatannya seperti  sebuah kapal yang  berhasil menahan hebatnya badai dan gelombang air laut.

  1. Menginfakkan harta di waktu lapang maupun sempit

Ketika punya uang, tentu saja kita akan mudah menginfakkannya. Bagaimana ketika kondisi pas-pasan bahkan kekurangan? Sudah relakah kita berbagi harta pada yang lebih membutuhkan di saat sempit seperti ini?

  1. Jika melakukan perbuatan keji akan teringat ALLAH dan memohon ampunan

Setiap kita pasti berbuat kesalahan, tidak ada manusia yang tidak melakukan dosa dan sulit luput dari godaan nafsu.

Sehingga ketika orang yang berhasil membuat ramadhan ini berbekas taqwa didalam dirinya, memiliki rasa takut kepada Allah dan merasa bersalah ketika melakukan perbuatan keji. Dan langsung tergerak untuk meminta ampunan kepada Allah SWT.

  1. Tidak meneruskan perbuatan kehi yang pernah dilakukan

Terakhir, orang yang berhasil membuat ramadhan berbekas tqwa dalam dirinya akan terlihat dari kesungguhannya tak lagi melakukan perbuatan keji di masa lalu. Ia akan bertaubat atas segala kesalahan yang dilakukannya.

Wallaahualam, Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan bekas ketaqwaan selepas Ramadhan, sehingga tak hanya haus dan lapar saja yang kita peroleh selama berpuasa sebulan lamanya. Aamiin.

Tulisan oleh: Ilham Salo Pimpinan Redaksi Islamic Press JMMI1718

Poster oleh: Kaeksi Midel Islamic Press JMMI 1718

🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻

Follow us on:
Instagram: JMMI ITS
Line: @pcn8008r
Facebook: @page.jmmi.its
Web: jmmi.its.ac.id

#JuniMenujuKemenangan
#SemangatmengINSPIRASI
#SenseOfDakwah
#JMMI1718
#ITSSurabaya

 

SHARE
Previous articleMASJID VS MALL
Next articleSiapa Saja Kau Boleh Berjabat Tangan ?
Kita lihat hari ini, banyak kerusakan di muka bumi terjadi karena bukan orang Islam yang menguasai Media. Kami, Islamic Press JMMI ITS 1617 berusaha menghadirkan perubahan bagi kebaikan umat Islam melalui media. Bersama-sama kita wujudkan media yang menjadi pencerdas masyarakat. Islamic Press, sang Inisiator Perubahan !!!