Sahabat Inspirasi, mungkin ada yang bingung kapan sebenarnya Al Quran diturunkan ke bumi? Tentang peringatan 17 Ramadhan sebagai hari diturunkannya Al Quran (Nuzulul Quran)? Atau ternyata Al Quran itu diturunkan ketika malam Lailatul Qadr? Mimin disini ga lebih dari seorang yang belajar juga Sahabat Inspirasi. Coba kita sama-sama bahas ya 😊

Jadi, menurut para ulama proses turunnya Al Quran itu terjadi dalam dua fase, fase diturunkan secara langsung lalu secara berangsur-angsur. Proses diturunkannya Al Quran secara langsung itu terjadi dari Lauful Mahfudz ke Baitul Izzah (Langit Dunia). Turunnya secara langsung ini terjadi ketika malam Lailatul Qadr pada Bulan Ramadhan. Seperti dalam Firman Allah QS. Al-Qadr ayat 1-5:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ

فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).

Menurut tafsir Auli, malam kemuliaan dalam surat tersebut merupakan malam Lailatul Qadr. Pada malam Lailatul Qadr ini merupakan malam yang lebih baik daripada seribu bulan yang terletak di 10 malam terakhir Bulan Ramadhan.

Setelah diturunkan secara langsung oleh Allah ke Baitul Izzah, kemudian Malaikat Jibril menurunkannya kepada Nabi Muhammad SAW. secara berangsur-angsur ketika Nabi berdakwah di Mekah dan Madinah selama 23 tahun. Seperti yang diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas yang menjelaskan mengenai nuzulul Qur’an, yaitu waktu diturunkannya permulaan Al Qur’an. Ibnu ‘Abbas berkata,

أنزل الله القرآن جملة واحدة من اللوح المحفوظ إلى بيت العِزّة من السماء الدنيا، ثم نزل مفصلا بحسب الوقائع في ثلاث وعشرين سنة على رسول الله صلى الله عليه وسلم

Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam- sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu 23 tahun.” (HR. Thobari, An Nasai dalam Sunanul Kubro, Al Hakim dalam Mustadroknya, Al Baihaqi dalam Dalailun Nubuwwah. Hadits ini dishahihkan oleh Al Hakim dan disetujui oleh Adz Dzahabi. Ibnu Hajar pun menyetujui sebagaimana dalam Al Fath, 4: 9).

Lalu, bagaimana dengan 17 Ramadhan? 17 Ramadhan menurut Tafsir Ibnu  Katsir merupakan waktu ketika wahyu pertama turun kepada Nabi Muhammad SAW., yaitu Surah Al- Alaq ayat 1-5 yang memerintahkan kepada umat islam untuk membaca (read: belajar). Nah, 17 Ramadhan inilah yang kemudian diperingati sebagai Nuzulul Quran atau hari diturunkannya Al Quran.

Alhamdulillah sudah terjawab ya InsyaAllah, jadi kesimpulannya adalah malam Lailatul Qadr merupakan malam ketika Allah menurunkan Al Quran secara lengkap dari Lauful Mahfudz ke Baitul Izzah (Langit Dunia) sebelum Malaikat Jibril menyampaikannya secara perlahan kepada Nabi Muhammad SAW. Sementara 17 Ramadhan itu merupakan waktu pertama kalinya diturunkan wahyu oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Proses turunnya Al Quran (sumber: dokumen pribadi)
Proses turunnya Al Quran (sumber: dokumen pribadi)

Sumber: dakwatuna.com//muslim.or.id

Tulisan oleh: m.nuha wakil Pimpiran Redaksi 2 Islamic Press JMMI 1718

Poster oleh: Kaeksi Midel Islamic Press JMMI 1718

🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻🔺🔻

Follow us on:
Instagram: JMMI ITS
Line: @pcn8008r
Facebook: @page.jmmi.its
Web: jmmi.its.ac.id

#JMMI1718
#MarhabanYaRamadhan
#JMMIMenginspirasi
#SenseOfDakwah