FSLDKN atau Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional merupakan forum terbesar Lembaga Dakwah Kampus Seluruh Indonesia yang dalam serangkaian agendanya akan merumuskan Pusat Komunikasi Nasional (PUSKOMNAS) FSLDK Indonesia sebagai koordinator pergerakan LDK dua tahun ke depan, dan titik tolak keberlangsungan dakwah kampus di Indonesia. Kali ini merupakan FSLDKN ke XVIII dilakukan di Universitas Riau pada tanggal 19-21 Mei 2017 lalu. Tak kuran sebanyak 1000 mahasiswa yang berasal dari 37 daerah di Indonesia menghadiri acara tersebut, begitupun dengan JMMI (Jamaah Masjid Manarul Ilmi ITS). JMMI ITS mengirimkan beberapa orang delegasi ke acara tersebut. Selain sebagai delegasi dari LDK dan Puskomda Surabaya Raya, JMMI juga sebagai Ketua Badan Khusus Peduli dimana akan mempresentasikan pertanggungjawabannya selama memegang amanah tersebut.

FSLDKN XVIII tersebut memiliki beberapa rangkaian acara, diantaranya sidang perkomisi (dari Komisi A, B, C, dan D), Training for Trainer (TFT), Seminar Nasional (SEMNAS), dan Aksi Kebangkitan. Sidang perkomisi dibuka dengan evaluasi kinerja PUSKOMNAS selama dua tahun ke belakang lalu dilanjutkan dengan saran untuk PUSKOMNAS ke depan. Training for Trainer diadakan sebagai training kepada kafilah LDK agar nantinya dapat menjadi seorang trainer di daerahnya masing-masing. Sementara Seminar Nasional pada FSLDKN XVIII ini mengangkat tema “Simposium Muslim Cerdas, Berekspresi dengan Tulisan, dan Intelektual Muda Pewaris Peradaban.” Acara FSLDKN XVIII ditutup dengan Aksi yang disebut sebagai Parade Kebangkitan Merah Putih sebagai pesan bahwa pemuda Indonesia harus bangkit dari keterpurukannya, acuhnya terhadap permasalahan bangsa, dan lunturnya jiwa nasionalisme. Indonesia harus bangkit untuk menjadi bangsa yang besar dan FSLDK Indonesia yang terdiri dari perwakilan daerah di seluruh Indonesia siap menjaga dan membangun Indonesia menuju kebangkitan. “FSLDK Indonesia berkomitmen menjaga persatuan yang telah dirintis para pendiri bangsa. Segala tindakan diskriminatif, provokatif, yang telah memecah belah bangsa serta upaya separatis kelompok tertentu yang ingin melepaskan diri dari NKRI harus dilawan. Dan kami siap untuk menjaga Indonesia dari segala ancaman tersebut,” tutur Hanafi Ridwan Dwiatmojo selaku Ketua PUSKOMNAS 2015-2017.

Dengan terselenggaranya FSLDKN XVIII ini, JMMI ITS mengucapkan Barakallah kepada LDK SALAM UI sebagai PUSKOMNAS 2017-2019, LDK AL FATH TELKOM UNIVERSITY sebagai tuan umah RAPIMNAS 1 FSLDK Indonesia, dan LDK UKKI UNIVERSITAS HALULEO sebagai tuan rumah FSLDKNXIX 2019. Dengan begitu pula, amanah JMMI ITS sebagai koordinator Badan Khusus Peduli FSLDK Komisi A berakhir. Namun demikian, JMMI ITS akan tetap melanjutkan estafet dakwah sebagai koordinator Komisi D PUSKOMDA Surabaya Raya hingga terselenggaranya FSLDKD mendatang.

Editor: Admin

LDK SALAM UI, LDK AL FATH Telkom Univ., LDK UKKI Univ. Haluleo (sumber: dokumentasi pribadi)
LDK SALAM UI, LDK AL FATH Telkom Univ., LDK UKKI Univ. Haluleo (sumber: dokumentasi pribadi)
SHARE
Previous articleLOMBA TAHFIDZ AL QURAN RDK 38 JMMI ITS
Next articleNUZULUL QUR’AN, 17 RAMADHAN, DAN LAILATUL QADR
Kita lihat hari ini, banyak kerusakan di muka bumi terjadi karena bukan orang Islam yang menguasai Media. Kami, Islamic Press JMMI ITS 1617 berusaha menghadirkan perubahan bagi kebaikan umat Islam melalui media. Bersama-sama kita wujudkan media yang menjadi pencerdas masyarakat. Islamic Press, sang Inisiator Perubahan !!!