sumber : http://taufiknetwork.blogspot.co.id
sumber : http://taufiknetwork.blogspot.co.id

Menurut Ahmad Ibrahim Muhanna, Al-Qur’an membahas segala perilaku manusia dan tema yang paling penting untuk dibahas yakni seputar pendidikan. Di setiap ayat Al-Qur’an merupakan dasar untuk membangun pendidikan yang diperlukan semua manusia. Hal tersebut tidak asing lagi mengingat Al-Qur’an merupakan hidayah seseorang karena terdiri dari pendidikan yang wajib dilakukan.

Pada dasarnya, pendidikan terletak pada keadaan yang penting dalam pelaksanaan norma-norma keislaman untuk memberikan kehidupan manusia menjadi lebih baik lagi. Dalam arti lain, pendidikan Islam dapat berjalan sesuai kodratnya apabila berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Untuk menciptakan kualitas pendidikan yang baik, manusia perlu menggunakan perasaan dan pola pikir yang merupakan anugerah setiap manusia dari Sang Pencipta.

Pada ayat pertama yang diterima oleh Rasulullah, Allah memerintahkan semua manusia untuk membaca (belajar) agar mendapat ilmu pengetahuan. Al-Maraghi mempertegas dari ayat tersebut bahwa Allah menjadikan pena sebagai media manusia untuk berkomunikasi meski tidak berada pada satu tempat yang sama. Sebelum hal tersebut, manusia diwajibkan untuk bisa membaca karena membaca dapat merubah pola pikir manusia.

Pesan pertama wahyu Al-Qur’an adalah mengajarkan manusia untuk membaca (belajar), sehingga dengan belajar ini, manusia dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Tujuan belajar sendiri dapat diungkapkan menjadi dua hal, yakni belajar dengan cara sendiri dan belajar dengan cara orang lain. Belajar sangat dibutuhkan keseriusan, baik belajar sendiri hingga belajar kelompok.

“yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam” (QS. Al-Alaq : 4)

(Kalam maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan baca tulis)

Pada dasarnya, Surah Al-Alaq merupakan pembelajaran dengan konsep membaca dan menulis yang diibaratkan sebagai media yang efektif untuk pendidikan yang mana sesuai dengan Surah Al-Alaq ayat 4. Menurut Sahal Mahfudh, bahwa ayat Allah yang disampaikan secara tertulis maupun tidak tertulis dapat diketahui dan dipahami oleh seluruh insan. Hal tersebut dikarenakan pesatnya budaya baca dan tulis pada masa Islam dulu dapat membuat umat Islam menuju zaman keemasan. Sehingga mereka memiliki pengetahuan dan peradaban yang sempurna.

Arti membaca dan menulis serta wahyu pertama yang turun ditafsirkan oleh Muhammad Asad yang dikutip dari Abdurrahman Mas’ud yang menyebutkan bahwa semua ilmu pengetahuan diabadikan dalam bentuk tulisan. Hal tersebut menjelaskan ajakan ‘membaca’ dalam Surah Al-Alaq ayat 1 dan 3. Dalam firman-Nya, Allah menyebutkan bahwa pada mulanya manusia tidak tahu bagaimana cara untuk menulis dan berbagi pengalaman kepada orang lain, dari generasi ke generasi, hingga dari suatu budaya ke budaya yang lain.

Umat manusia yang terhubung dalam kegiatan ini (kegiatan berbagi pengalaman kepada yang lain) dapat membuat ilmu pengetahuan yang dimilikinya akan ada secara terus menerus karena ilmunya dapat tersalurkan dengan baik kepada yang lain, dari generasi ke generasi.

Dari penjelasan di atas, membaca merupakan pembelajaran Islam yang penting perannya untuk memahami agama Islam. Maksud dari membaca ini terdapat di Surah Al-Alaq ayat 1-5 bukan sekadar membaca saja, namun memahami maksud tujuan Islam sendiri. Maka dari itu, membaca sangat berkaitan dengan pembelajaran Islam yang mampu memenuhi aspek afektif dan psikomotorik.

Sumber Rujukan:

  • Ahmad Ibrahim Muhanna. 1982 .Al-Tarbiyah Fi Al-Islam.Cairo: Dar Al-Sya’bi.  Hal. 13.Dikutip oleh Hery Noer Ali. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos. Hal. 38.
  • Abdurrahman Mas’ud. 2014.Antologi Studi Agama dan Pendidikan. Semarang: Aneka Ilmu.
  • Ahmad Mustafa al-maraghi.Tafsir Al-Maraghi, juz 29. Mesir: Mustafa Bab Al-Halabi. Hal. 200. Dikutip oleh Hakam Abas. 2013.Implementasi Hakikat Membaca Dalam Al-Qur’an Surat Al-‘AlaqAyat 1-5 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. http://hakamabbas.blogspot.com/2013/10/implementasi-hakikat-membaca-dalam-al.html
  • Syaiful Bahri Djamarah. 1991.Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta Hal. 65.Dikutip oleh Hakam Abas. 2013. Implementasi Hakikat Membaca Dalam Al-Qur’an Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. http://hakamabbas. blogspot.com/2013/10/ implementasi-hakikat-membaca-dalam-al.html

 

Biodata:

Ryan P. Putra. Penulis buku “Kelinci Percobaan K-13” (FAM Publishing, 2016) dan Mahasiswa S1 Departemen Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Editor :

Satriani Dian Pertiwi | Arsitektur 2013