DSC02304

Minggu (19/2/17), aksi Gerakan Menutup Aurat (Gemar) kembali dihelat oleh FSLDK Surabaya Raya menyusul kesuksesan Gemar tahun lalu. Terlihat pada pukul 06.00 pagi ratusan Sahabat Gemar yang terdiri dari Aktivis Dakwah Kampus dan warga Surabaya telah ramai memadati Car Free Day (CFD) Taman Bungkul. Tidak hanya dari Surabaya, Sahabat Gemar ini datang dari berbagai daerah seperti Sidoarjo bahkan dari Madura.

1.1
Suasana longmarch GEMAR 2017

Acara dimulai dengan longmarch dari pusat bundaran Taman Bungkul ke Jalan Darmo hingga kembali lagi ke bundaran Taman Bungkul. Kemudian FSLDK Surya yang berkolaborasi dengan Tim Solidaritas Peduli Jilbab (SPJ) Surabaya dan komunitas-komunitas muslim lainnya seperti J-Share, MDC, Sahabat Hijrah (Sahid) mengajak bermain pengunjung Taman Bungkul dengan games bola baskom, di mana pengunjung yang berhasil memasukkan bola plastik ke dalam baskom dengan jarak lima meter akan mendapatkan bingkisan jilbab dari FSLDK Surya dan SPJ. Selain itu, stand konsultasipun disediakan untuk pengunjung yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai hijab syar’i.

Kali ini acara Gemar 2017 tidak hanya sebatas membagikan jilbab dan memberikan edukasi kepada warga Surabaya, tetapi juga merupakan sebuah tantangan yang membuat acara Gemar kali ini akan lebih terasa manfaatnya. FSLDK Surya dan tim SPJ memberikan tantangan kepada pengunjung yang telah melakukan konsultasi untuk behijab secara syar’i selama satu bulan. Pengunjung yang menerima tantangan ini akan diberikan log-book sebagai kontroling selama satu bulan. Selain mendapatkan tantangan, peserta yang mengikuti konsultasi inipun diberikan tutorial berhijab syar’i dan mendapatkan satu bingkisan jilbab syar’i. Tercatat puluhan pengunjung menerima dengan berani tantangan ini. Rara, yang merupakan salah satu penerima tantangan tersebut mengatakan Insya Allah akan siap dan istiqamah untuk berjilbab syar’i. “Saya beberapa kali mengikuti kegiatan seperti ini yang diadakan di tempat lain. Namun, belum benar-benar istiqamah. Terus tadi konsultasi dan diberi solusi, di sini juga banyak temen-temen jadi insya Allah  akan berusaha untuk istiqamah,” ujar Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura ini.

1
Stand Booth GEMAR 2017

Dalam serangkaian acara ini juga disediakan spot photo booth yang berisikan puluhan poster ajakan berhijab syar’i yang disediakan oleh Muslim Designer Community (MDC) Surabaya. Para pengunjung mengaku senang dengan adanya acara seperti ini. “Seneng, apalagi dapet jilbab. Kalau tahun depan ada kita pengen ikut lagi,”  ucap Nurul, siswa kelas 5 SD yang datang bersama tiga sahabatnya.

Pada akhir acara didengungkan orasi oleh Ahmad Mubarok, Ketua Puskomda FSLDK Surabaya Raya dan beberapa sahabat GEMAR. Kemudian ditutup dengan pelepasan balon dan foto bersama seluruh elemen GEMAR 2017.

Reporter    : Arija Tsulatsi│Kopidiv Komisi D FSLDK JMMI 1617