sumber: https://elhakimlaw.files.wordpress.com/2016/07/img-20160629-wa0001.jpeg

Kepemimpinan Profetik adalah kepemimpinan yang membebaskan penghambaan kepada manusia hanya kepada Allah semata. Kepemimpinan profetik dapat kita pelajari dan analisa dari kisah kepemimpinan Nab-Nabi dalam Al-Qur’an. Bagaimana lika-liku mereka dalam menyadarkan dan membebaskan masyarakatnya serta membangun peradaban baru yang menyejarah. Buku Prophetic Leadership ini dapat menjadi acuan bagi para pemimpin muda yang tengah mencari jati diri kepemimpinannya agar bisa melanjutkan jalan perjuangan yang telah dirintis para Nabi dan mengembalikan peradaban Islam ke puncak kejayaannya.

Pada bagian pertama buku ini menjelaskan tentang tantangan peradaban Islam saat ini di tengah peradaban umat manusia lain seperti peradaban barat, peradaban orthodox, peradaban Hindu, peradaban Buddha, peradaban Jepang, dan peradaban lainnya. Bagian ini fokus memaparkan tentang apa dan bagaimana peradaban Islam itu sendiri disertai pendapat para ulama abad ke-20 tentang Islamic overview.

Pada bagian kedua menjelaskan tentang makna perubahan. Baik perubahan sebagai suatu keniscayaan yang tidak dapat dihindari, kemudian prinsip dan arah gerak perubahan, sampai titik tolak perubahan itu sendiri.  Bagian kedua buku ini terdiri dari tiga bab sehingga mampu menganalisis secara mendalam bagaimana Al-Qur’an mampu menjadi acuan utama dalam suatu transisi perubahan dunia.

Pada bagian ketiga buku ini menjelaskan tentang rekonstruksi kepemimpinan profetik serta karakteristiknya. Banyaknya permasalahan yang sedang menjangkit para pemimpin kita saat ini membuat semakin pudarnya pemahaman dan penghayatan yang utuh akan makna pemimpin. Hal ini menjadi penting dan mendesak dalam mendorong makna kepemimpinan yang baru. Konsep Prophetic Leadership menjadi alternatif solusi bagi kepemimpinan di era kontemporer. Kepemimpinan profetik memiliki lima karakteristik yakni, kepemimpinan yang berilmu, kepemimpinan yang kuat, kepemimpinan yang amanah, kepemimpinan yang regeneratif, dan kepemimpinan bertaqwa.

Pada bagian terakhir buku ini menceritakan contoh penerapan kepemimpinan profetik dalam kisah-kisah para nabi. Seperti Nabi Nuh a.s, Nabi Ibrahim a.s, Nabi Yusuf a.s, dan lainnya. Sehingga buku ini benar-benar menjadi bahan refleksi sekaligus referensi tentang kepemimpinan saat ini.

Judul      : Propetic Leadership

Penullis   : Bachtiar Firdaus

Penerbit  : Pustaka Saga

Tebal      : 194 Halaman

 

Oleh: Zaid Sulaiman | Staf Departemen Islamic Press JMMI ITS 1617

Editor: Muhammad Richa