Gerakan sholat subuh berjamaah bernama “ITS Cinta Subuh” yang tahun lalu menggemparkan dunia pendidikan di Indonesia, telah dilaksanakan untuk yang kedua kalinya di hari Ahad, 28 Agustus 2016, bertepatan dengan hari terakhir berlangsungnya Gerigi ITS 2016. Acara yang menjadi salah satu program kerja JMMI (Jamaah Masjid Manarul Ilmi) ini telah berhasil mengumpulkan peserta yang terdiri dari para mahasiswa baru, dosen dan petinggi ITS, serta umum.

Dimulai dari pukul 03.00 pagi pintu gerbang parkir Masjid Manarul Ilmi telah dibuka dan banyak peserta yang mulai berdatangan. Para panitia ITS Cinta Subuh telah mengambil posisi untuk membantu para peserta memarkir kendaraan mereka, kemudian mengarahkan untuk mengambil air wudhu, dan mempersilahkan peserta untuk mengisi shaf yang kosong. Semakin mendekati waktu subuh, semakin banyak peserta ITS Cinta Subuh yang datang. Peserta terlihat kondusif dengan menyibukkan diri membaca Al Qur’an dan berdzikir sembari menunggu azan Subuh. Sedangkan sebagian para panitia merapikan sandal dan sepatu jamaah dan mengurus konsumsi yang akan dibagikan kepada para peserta.

Usai sholat subuh berjamaah, pembawa acara mengarahkan peserta ITS Cinta Subuh untuk mendengarkan sambutan yang dibawakan oleh rektor ITS, Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc, ES, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para peserta yang telah hadir dalam acara ITS Cinta Subuh. Beliau juga menyadarkan para peserta, terutama mahasiswa baru mengenai manfaat dari sholat subuh berjamaah. Dengan harapan agar para peserta ITS Cinta Subuh menetapkan niat mereka untuk mengikuti ITS Cinta Subuh karena Allah Ta’ala. Kemudian acara ITS Cinta Subuh dilanjutkan dengan kajian subuh yang dibawakan oleh Ustad Muhammad Sholeh Drehem Lc, Ketua Umum Ikatan Da’i Indonesia (Ikadi) Jawa Timur. Tema yang dibawa adalah ‘Membangun Kembali Akhlak Mahasiswa Muslim’.

Selesai acara peserta kemudian diarahkan kembali untuk mengikuti serangkaian kegiatan Gerigi 2016 hingga selesai.

Panitia kegiatan menyampaikan banyak terimakasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung acara ini:

  • LMZIZ Masjid Manarul Ilmi
  • Semen Indonesia
  • Ikatan Alumni ITS
  • Ikatan Alumni JMMI ITS
  • Para donatur

Inilah potret kegiatan ITS Cinta Subuh

Foto 1(1) edit
5000 jama’ah yang terdiri dari mahasiswa ITS dan masyarakat umum sekitar ITS menghadiri kegiatan ITS Cinta Subuh di Masjid Manarul Ilmi ITS pada shubuh, 28 Agustus 2015.
Foto 2 edit
Jama’ah ITS Cinta Subuh saat mendengarkan kajian dari Ustadz M. Sholeh Drehem, Lc. bertajuk “Membangun Kembali AKhlak Mahasiswa Muslim”
Foto 3
ITS Cinta Subuh menghadirkan Rektor ITS, Prof. Ir. Joni hermana, M.Sc.Es., Ph.D yang memberikan sambutan mengenai Sholat Shubuh berjama’ah sebagai langkah awal dalam memulai aktivitas.
Foto 4(2)
Jama’ah putri yang sedang melaksanakan sholat shubuh berjama’ah memenuhi serambi timur Masjid Manarul Ilmi
Ustadz M. Sholeh Drehem, Lc. ketika menerima souvenir dari JMMI TPKI-ITS yang diwakili oleh ketua TPKI-ITS, Prof. Ir. Sutardi, M.Eng., Ph.D.
Ustadz M. Sholeh Drehem, Lc. (kanan) ketika menerima souvenir dari JMMI TPKI-ITS yang diwakili oleh ketua TPKI-ITS, Prof. Ir. Sutardi, M.Eng., Ph.D (kiri)
Masjid Manarul Ilmi ITS Surabaya, merupakan lokasi dilaksanakannya ITS Cinta Shubuh pada 28 Agustus 2016.
Masjid Manarul Ilmi ITS Surabaya, merupakan lokasi dilaksanakannya ITS Cinta Shubuh pada 28 Agustus 2016.

Reporter : Irshad Al Islamy, Yulinda N Aini

Editor : Muhammad Richa S