Jumat (25/12/2015), Badan Pelayanan Umat (BPU) JMMI ITS kembali mengadakan sebuah kegiatan keumatan setelah sebelumnya diadakan kegiatan Training for Tutor di penghujung bulan November kemarin. Kini dipenghujung bulan Desember diadakan pula kegiatan yaitu TSM (Taman Santri Manarul), itulah nama dari kegiatan yang diadakan di hari mulia Umat muslim ini. Bertempat di Parkiran Mobil dan Serambi Utara Masjid Manarul Ilmi ITS, BPU mengadakan kegiatan yang menghadirkan adik-adik dari beberapa desa binaan BPU JMMI ITS meliputi Gebang, Kejawan Putih Tambak, Keputih Tegal Timur Baru dan Medokan serta adik binaan DA (Darul Arqam).

Peserta TSM
Peserta TSM

Bertepatan dengan momen maulid Nabi Muhammad S.A.W, TSM 2015 mengusung tema “Cinta Allah Cinta Rasullullah”. Dengan tujuan untuk memberi pemahaman dan menanamkan kecintaan adik-adik terhadap sosok idola semua muslim, Rasullullah SAW. TSM berhasil mendapatkan antusias dari adik-adik peserta. “Disamping untuk memperingati maulid nabi Muhammad SAW, TSM tahun ini juga membawa misi untuk melindungi adik-adik binaan dari kegiatan-kegiatan natal yang diadakan oleh pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan momen liburan dan ketidaktahuan adik-adik. Oleh karena itulah TSM tahun ini diadakan bertepatan dengan momen natal umat kristiani.” Ujar salah satu panitia TSM 2015.

 

Keceriaan saat komunikata
Keceriaan saat komunikata

Rangkaian acara diawali dengan senam bersama. Dengan iringan musik penguin, adik-adik terlihat sangat bersemangat dan antusias. Dilanjutkan dengan beberapa permainan outbound. Diharapkan dengan outbound ini menjadi sarana refreshing sekaligus media pembelajaran dalam penanaman karakter positif, misalnya saja seperti kerjasama, ukhuwah, dan juga kreativitas. Sifat-sifat seperti itu wajib dimiliki oleh setiap muslim.

Adapun variasi permainan yang dihadirkan oleh panitia ada 3 jenis yaitu tebak gambar, komunikata, dan balon ular. Meski mungkin terkesan general/umum, ternyata panitia menghadirkan kreasi berbeda. Tebak gambar dibuat dengan tema “Mukjizat para Rasul” dan komunikata dibungkus dalam bentuk kutipan hadist.

Acara dilanjutkan dengan pemberian wawasan tentang menggambar kaligrafi. Di sini panitia menghadirkan Muhammad Fauzan Arifin yang merupakan delegasi ITS cabang Khattil Quran pada MTQ 14 di UI (Universitas Indonesia). Dari wawasan yang diberikan, adik-adik menjadi terlatih dalam menggambar kaligrafi. Meskipun wawasan yang diberikan adalah dasar dari menggambar kaligrafi, beberapa adik sudah menggambarkan Kalamullah yang berbentuk kaligrafi dengan sangat indah.

Adik-adik berlatih menggambar kaligrafi
Adik-adik berlatih menggambar kaligrafi

Acara yang terakhir dari TSM ini yaitu dongeng cinta Rasulullah. Dongeng tersebut disampaikan oleh Ust. Marzuki Imron, tetapi beliau memperkenalkan dirinya ke adik-adiknya dengan nama Naruto. Dongeng yang disampaikan oleh Ust. Marzuki Imron adalah dongeng tentang baginda Muhammad SAW. Disini beliau bercerita tentang kelahirannya baginda, sifat-sifat baginda, dan kisah teladan baginda Muhammad SAW. Dongeng yang disampaikan dikemas sesuai dengan kondisi adik-adik, sehingga mereka paham dengan apa yang disampaikan oleh Ust. Naruto.

Saat Ust. Marzuki Imron berdongeng tentang Nabi Muhammad SAW
Saat Ust. Marzuki Imron berdongeng tentang Nabi Muhammad SAW

Acara Taman Santri Manarul ini ditutup dengan doa dan pembagian soevenir kepada adik-adik. “Begitu indah ketika kita berbagi keceriaan, melihat senyum dan keceriaan adik-adik sungguh membahagiakan. Acara seperti ini patut untuk diadakan setiap tahunnya. Mengabdi dengan hati karena umat membutuhkan kita.” Ujar salah satu panitia TSM 2015.

Reporter: Rohman Sidik.

Editor: Arning Susilawati