Setelah sukses mengadakan Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Daerah (FSLDKD) VII di Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya pada 6-8 November 2015 lalu, kali ini perjuangan punggawa FSLDK Surabaya Raya (Surya) berlanjut. Dengan visi “Wujudkan Surabaya Raya Madani dalam Kemandirian Dakwah yang Terintegrasi” maka pada hari Sabtu-Minggu (23-24 Januari 2016) FSLDK Surya menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang ke VIII.

Rakorda VIII ini bertempat di Jama’ah Nuruzzaman (Janur) Universita Airlangga (Unair) sebagai Pusat Komunikasi Daerah (Puskomda) terpilih. Wilayah FSLDK Surya pun meliputi perguruan tinggi di Surabaya, Gresik, Lamongan, Mojokerto, Sidoarjo, Bangkalan, Bojonegoro dan Tuban.

Pasukan Koordinator Komisi FSLDK
Pasukan Koordinator Komisi FSLDK

Gedung AMEC Universitas Airlangga bergema dengan teriakan takbir penuh semangat dari peserta Rakorda VIII yang merupakan perwakilan dari 56 LDK Se-Surabaya Raya. Acara ini dimulai dengan rapat pleno yang diikuti oleh seluruh peserta dan dilanjutkan dengan sidang tiap komisi.

Sambutan Ketua Puskomda FSLDK Surabaya Raya
Sambutan Ketua Puskomda FSLDK Surabaya Raya

Ahmad Mubarok Abdullah selaku ketua Puskomda 16/17 menjelaskan bahwa terdapat empat komisi yang akan kita jalankan bersama yaitu, komisi A mengenai isu-isu keumatan yang dikomandoi oleh Janur Unair. Komisi B membahas mengenai ke-LDK-an oleh UKKI Universitas Surabaya. Komisi C mengulas tentang kemuslimahan yang oleh Janur Unair. Serta Komisi D membahas mengenai Humas dan Media yang dikomandoi oleh JMMI ITS. Adapun penunjukan BP ( Badan Pendamping) FSLDK Surabaya Raya 16/17 adalah UKMKI Jamaah Nuruzzaman Unair, JMMI TPKI ITS, UKKI Unniversitas Surabaya, UKMBKI Universitas Widiya Kusuma Surabaya, dan UKKI Universitas Trunojoyo Madura.

Situasi Sidang Rakorda

Situasi Sidang Rakorda

“WANI, Wujudkan Surabaya Raya Madani!! Merupakan jargon pada kepengurusan kali ini yang insya Allah menggambarkan identitas dan karakteristik mahasiswa wilayah Surabaya Raya” Ujar mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unair 2012 sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Jama’ah Nuruzzaman Universitas Airlangga tersebut.

Kegiatan kali ini juga menghadirkan kajian pencerah dengan pembiacara Ust. Dani Setiawan yang merupakan ketua Puskomnas FSLDK 2007/2009. Beliau berpesan bahwa, “Aktivis dakwah kampus haruslah memperhatikan kompetensi dakwiyah (dakwah), ilmiyah (akademik), dan fanniyah (keterampilan) sebagai upaya untuk menyonsong kebangkitan intelektual Islam.”

Nasyid
Nasyid

Tidak ketinggalan ‘Nasyid Acapelasius’ dari Fakultas Kedokteran Hewan Unair turut serta memeriahkan acara kali ini. Terakhir melalui Rakorda ini selain sebagai ajang silaturrahim juga diharapkan mampu menciptakan gerakan dakwah yang mengakselerasi dan terintegritas bagi 56 LDK yang ada di wilayah Surabaya Raya sehingga Surabaya Raya yang madani bukan menjadi angan-angan semata.

Peserta Rakorda
Peserta Rakorda

Oleh: Iqbal Muharrom || Editor: Arning Susilawati