Suasana Sabtu pagi, 5 Desember 2015 begitu damai dan asri. Tetapi ada yang istimewa pada hari ini. Apakah itu? Ya, Departemen Keilmuan JMMI menyelenggarakan tutorial kalkulus dan fisika dasar bagi mahasiswa baru angkatan 2015. Tutorial ini merupakan bagian dari prodak Keil JMMI (sebutan departemen keilmuan JMMI) yang bernama OSTE (One Step to Examination). Program dakwah (prodak) ini merupakan bentuk kepedulian JMMI terhadap mahasiswa tahun pertama yang masih awam terkait mata kuliah UPMB yang dianggap sulit yaitu kalkulus dan fisika dasar.

oste
Pelaksanaan OSTE-Kalkulus

Tutorial sesi pertama adalah mata kuliah kalkulus I yang dilaksanakan di ruang C.117 jurusan Teknik Mesin pada pukul 09.00. Proses tutorial berjalan dengan baik karena peserta dapat memahami materi dari ahlinya yaitu Mas Daus (mahasiswa matematika). Para peserta aktif bertanya dan bertukar pendapat dengan teman sebangku mereka karena materi yang disampaikan cukup sulit. Bahkan ada yang beberapa kali menanyakan penjelasan kepada Mas Daus.

Pada sesi II, tutorial fisika dasar, dilaksanakan pada pukul 15.00 di ruang yang sama. Proses tutorial fisika dasar berlangsung dengan baik. Para peserta tutorial yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai jurusan di ITS. Mereka berjumlah 10 orang. Kebanyakan dari peserta adalah perempuan. Meskipun demikian para peserta dapat menerima materi dengan baik. Hal ini terlihat dari interaksi peserta dengan pemateri, Mas Imang Eko Saputro (Mahasiswa Teknik Mesin 2014), mengenai persoalan terkait pendulum sederhana. Terlihat beberapa peserta antusias untuk bertanya. Misalnya Abu Muslim Aljauhari, mahasiswa teknik material 2015, “Untuk sudut pendulum itu, besar nilai theta apakah sangat kecil sekali?” Lalu dari pemateri Mas Imang menjelaskan, “Ya, memang sangat kecil. Sehingga, nilai sinus theta dan tangennya dapat dianggap setara.” Kemudian Jauhar (panggilan akrab dari peserta yang bertanya tadi) mengangguk dan mulai memahami bagaimana rumus dari persamaan osilasi dari pendulum dapat ditemukan.

Kegiatan tutorial ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh ketua pelaksana prodak ini yaitu Misbachul Munir (Mahasiswa Teknik Mesin 2014). Menurut Misbach (panggilan akrab), acara ini sudah dipublikasikan sejak dulu sehingga ekspektasinya akan banyak peserta yang datang. Namun, pada kenyataannya masih sedikit peserta yang datang.

Penulis: Asrofiatin Ma’arif || Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi 2014 || Staff Keilmuan JMMI 1516

Editor: Arning Susilawati