Pada Minggu (22/11/2015) Biro Keumatan BPU JMMI ITS telah menyelenggarakan Bina Usaha Mandiri Ibu-Ibu Binaan (BUMI) di Taman Baca Keputih Tegal Timur. Sebagai badan semi otonom dari JMMI ITS yang berperan langsung dibidang sosial masyarakat, BPU JMMI ITS mempunyai beberapa daerah binaan disekitar kampus ITS.

Sampai saat ini daerah yang menjadi objek dakwah dari BPU terbagi menjadi 4 daerah binaan, yaitu: Gebang, Kejawan Putih Tambak, Keputih Tegal Timur Baru dan Medokan. Pada daerah binaan tersebut, selain pembinaan terhadap adik-adik dalam akademik maupun aqidah, BPU juga melakukan pembinaan terhadap orang tua di daerah tersebut.

Bentuk kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Keumatan BPU JMMI ITS dalam BUMI yaitu pelatihan pembuatan lampu hias yang bertujuan untuk membantu ibu-ibu di daerah binaan tersebut agar dapat mandiri dan berwirausaha.

Kegiatan awal BUMI dibuka dengan pemaparan materi dengan tema “motivasi berwirausaha” yang dibawakan oleh Rhedylla Dwi Poetra mahasiswa jurusan Teknik Elektro ITS 2013. Mahasiswa yang akrab dipanggil Utha ini selain aktif di kuliah dan organisasi ia juga seorang wirausahawan.

g1
Penyampaian meteri oleh Rhedylla Dwi Poetra

Setelah mendapat pemaparan materi berupa motivasi, kegiatan BUMI dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan lampu hias. Pelatihan dilaksanakan mulai pukul 09.30-13.30. Pelatihan ini didampingi langsung oleh beberapa mahasiswa ITS yang tergabung dalam Biro Keumatan BPU. Berakhirnya kegiatan pelatihan ini menghasilkan 8 buah lampu hias. Harapannya setelah kegiatan ini akan tumbuh industri kreatif baru yang digawangi oleh ibu-ibu binaan.

g2
Ibu-ibu binaan dengan lampu hias yang dihasilkan

Bentuk positif dari kegiatan ini, selain ditinjau dari sisi warga binaan juga dapat ditinjau dari sisi mahasiswa. Kegiatan ini juga menjadi sarana menyalurkan partisipasi mahasiswa yang memiliki minat di bidang sosial masyarakat. Sebagai agent of change, banyak hal yang kita bisa mahasiswa lakukan, salah satunya dengan peduli terhadap lingkungan sekitar serta berbagi ilmu.

Penulis: Hasanah || Pengurus BPU JMMI ITS 1516

Editor: Arning Susilawati