Orang yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah akan mendapatkan pahala seperti orang-orang yang shalat berjamaah pada umunya, yaitu 25 atau 27 derajat pahala. Diberikan kepanya kebaikan yang banyak, dihapus kejelekannya, ditinggikan beberapa derajat kedudukannya. Malaikat berdo’a baginya dan beberapa balasan lain yang didapatkan orang yang shalat berjamaah pada umumnya.

Namun selain dari keutamaan tersebut, shalat Subuh juga memiliki kelebihan khusus yang tidak ada pada shalat lain.

Pahala Shalat Malam Satu Malam Penuh

Diriwayatkan Muslim dari Ustman bin Affan berkata rasulullah telah bersabda:

“Barang siapa yang shalat Isya’ berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam dan barang siapa yang shalat Subuh berjamaah (atau dengan shalat Isya’, seperti yang tertera dalam hadist Abu Dawud dan Tirmidzi) maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh.”(HR. Muslim)

Mampukah kita melaksanakan shalat malam satu malam penuh?

Dengan karunia dan kemuliaannya, Allah telah memberi kita pahala tersebut jika kita melaksanakan shalat Subuh dan Isya’ berjama’ah. Dan telah diketahui bahwa pahala shalat malam sangat besar dan agung. Tapi pahala shalat Subuh berjamaah jauh lebih mulia darinya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah bersabda:

“Kalau sekiranya manusia mengetahui apa yang tersembunyi dalam adzan dan shaf pertama, maka mereka tidak akan mendapat bagian kecuali dengan jalan diundi di dalamnya, niscaya mereka akan ikut serta dalam undian (banyaknya yang berbondong-bondong guna mendapatkan shaf pertama). Dan jika mereka mengetahui apa yang didapatkan dalam awal kedatangan (shalat jamaah). niscaya akan berlomba-lomba. Dan jika mereka mengetahui apa yang tersimpan di dalam shalat Subuh dan Isya’ maka mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak.” (HR. Al-Bukhari)

Pahala shalat Subuh lebih tinggi, kewajiban melaksanakan shalat Subuh sangat penting, dan doa lebih cepat dikabulkan ketika shalat Subuh. Dengan begitu banyak keistimewaannya, masih rela meninggalkan shalat Subuh berjamaah begitu saja? Tentu tidak bukan? Yuk shalat Subuh berjamaah.

 

Penulis: Desy Puspitasari || Mahasiswa Teknik Kimia ITS || Staff Departemen Islamic Press JMMI 1516

Editor: Hafshah Mahfuzhoh