1
Peserta FSLDKD VII Surabaya Raya

November, momen–momen tak terlupakan bagi para mujahid FSLDK Surabaya Raya. Tepatnya tanggal 6-8 November 2015 lalu, Allah telah mempertemukan kami, keluarga besar FSLDK Surabaya Raya dalam acara bertajuk FSLDK D VII 2015 “Sak Langkah Sak Perjuangan” di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Kami pun tak lupa untuk menyebarkan kebaikan dan inspirasi dengan mengikutsertakan staf LDK, warga Surabaya serta menjalin kerjasama dengan institusi terkait. FSLDKD 2015 adalah forum yang mempertemukan seluruh elemen ADK dalam FSLDK Surabaya Raya (Terintegrasi LDK se Jawa Timur dan Madura) untuk bersilaturahim, beramal jama’i, bersinergi dan berdiskusi. Diskusi yang dilaksanakan terkait dengan motivasi, pencerdasan serta strategi dakwah ala FSLDK untuk ekspansi dan kemasifan dakwah di periode ke depannya.

Apresiasi sebesar–besarnya patut kita haturkan pada punggawa FSLDKD 2015. Mereka adalah panitia yang tergabung dalam steering committee, operating committee dan liaoson officer FSLDKD 2015. Walaupun berbeda universitas, panitia FSLDKD 2015 tetap menjaga koordinasi agar tercipta suasana komunikasi yang kritis, strategis dan berkelanjutan.

Tak hanya itu, dengan militansi mereka, acara–acara inti FSLDKD 2015 berjalan dengan sukses. Mereka berhasil bekerjasama dengan Ustadz Yusuf Mansyur melalui Wisata Hati-nya yang menjadi magnet dakwah untuk masyarakat Surabaya. Kerjasama dijalin pula dengan mengundang narasumber inspiratif untuk pencerdasan masyarakat Surabaya serta peserta FSLDKD 2015 dalam seminar FSLDKD dan Sekolah LDK.

Selain itu, panitia berhasil secara obyektif melaksanakan sidang FSLDKD untuk menetapkan Puskomda (Pusat Komunikasi Daerah) baru, Koordinator per Komisi, serta Pelaksana FLSDKD selanjutnya.

2
Peserta FSLDKD dari JMMI ITS

Tentunya, merupakan suatu keniscayaan FSLDKD 2015 dapat berjalan baik dengan persiapan yang matang sebelumnya. Banyak tantangan yang kami hadapi baik sebagai panitia maupun peserta.

Panitia dituntut untuk profesional dalam merencanakan, melaksanakan, mempublikasikan dan bekerjasama dengan pihak tertentu. Rapat koordinasi dan silaturahmi dimulai di H–4,5 bulan acara. Semakin mendekati pertengahan, sebagian besar panitia semakin disibukkan dengan urusan masing–masing dan hanya tertinggal beberapa gelintir saja.

Namun, Allah berperan disana, seperti dalam firman Nya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang ada pada diri mereka.”

Berkurangnya kuantitas dan kualitas panitia bukan dipandang sebagai keburukan dan kegagalan panitia inti dalam menjaga ukhuwah, namun itu adalah reminder serta pelecut bagi panitia untuk evaluasi, refresh dan rethinking tentang strategi paling pas untuk memasifkan lagi kontribusi panitia. Dengan pengambilan keputusan yang tepat dalam strategi-strategi internal yang telah di-breakdown, panitia yang tersisa berhasil mengembalikan semangat panitia lainnya.

Peserta pun berusaha sedemikian rupa untuk aktif berpartisipasi dalam FSLDKD 2015. Tantangan yang peserta hadapi selain jauhnya tempat adalah kondisi pada saat itu. Kondisi pada saat itu adalah musim Ujian Tengah Semester. Namun, peserta yang mayoritas mahasiswa tetap antusias dalam mengikuti acara FSLDKD 2015 dengan manajemen waktu mereka.

Tuntutan agar mampu solutif, kontributif, obyektif dan koordinatif juga dirasakan oleh peserta dan panitia Persidangan FSLDKD 2015. Amanah terbesar mereka adalah menetapkan universitas yang menjadi Puskomda, Koordinator per Komisi dan Pelaksana FSLDKD selanjutnya.

Dengan optimalisasi SDM yang ada, panitia persidangan berusaha memfasilitasi musyawarah untuk mufakat. Pimpinan sidang terpilih pun wajib menjembatani pemikiran peserta sidang agar tercipta kondisi sidang yang sehat dan dinamis. Jalannya persidangan juga dimudahkan dengan adanya draft rekomendasi yang diajukan oleh Puskomda sebelumnya. Draft rekomendasi ini berisi strategi FSLDK yang direpresentasikan lewat program yang telah distandarisasi berdasarkan kondisi kekinian FSLDK Surabaya Raya.

3
Suasana sidang penetapan Puskomda, Koordinator per komisi dan Pelaksana FSLDKD 2015-2017

Saat–saat paling menentukan adalah ketika Pimpinan 1 Sidang Pleno membacakan hasil sidang.

“Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini ditetapkan bahwa puskomda terpilih selanjutnya adalah ………. Universitas Airangga”

lalu ditutup dengan ketukan palu 3 kali. Setelah pembacaan draft puskomda terpilih, dilanjutkan dengan pembacaan universitas penanggung jawab FSLDKD VIII yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Perasaan mendapatkan beban amanah & purna amanah bercampur menjadi satu diiringi isak tangis karena haru, bangga dan kekhawatiran. Kondisi yang benar–benar mengukir sejarah perjuangan dakwah di Surabaya Raya serta mengukir kenangan tak terlupakan di hati panitia dan peserta FSLDKD VII 2015.

Alhamdulillah wa innalillah, amanah yang sebenarnya tak salah memilih tuannya. Itulah harapan para mujahid dakwah FSLDK Surabaya Raya. Mungkin saja bukan hanya FSLDK, namun juga elemen–elemen lain yang beririsan keperluan dan kepentingannya. Harapan besar agar terlaksana cita cita dakwah bersama kini disandarkan pada Puskomda Baru, Universitas Airlangga.

Harapan yang sebaik baik harapan itu akan pupus, apabila tidak diiringi dengan tsaqofah (kesepemahaman), ikhlas (kemurnian), amal jama’i (kebersamaan), jihad (perjuangan), atadkhiyah (pengorbanan), ketaatan, sabat (keteguhan) dan totalitas antar Lembaga Dakwah Kampus lainnya.

Berikut adalah sepenggal doa untuk keluarga kita, mujahid dakwah, intifada fikr islamiyah, mustafa, mitra dan rekan dakwah, serta untuk seluruh umat muslim yang ikut berkontribusi dalam amal jamai ini, menyerukan kebaian dan kebenaran substansi agama ini, Islam rahmatan lil alamin.

4
Pelepasan Amanah Puskomda 2013-2015

Bismillahirrahamnirrahim

Ya Allah,

Sesungguhnya Engkau Maha mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan kecintaan kepada-Mu. Bertemu untuk taat kepada-Mu, bersatu dalam dakwah-Mu, dan berjanji setia untuk membela syari’at-Mu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya.

Ya Allah,

Kekalkanlah cinta kasihnya, tunjukkanlah jalannya dan penuhilah ia dengan cahaya-Mu yang tidak pernah redup. Lapangkan dada kami dengan limpahan iman dan keindahan tawakkal kepada-Mu, hidupkanlah dengan ma’rifa kepada-Mu, dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Aamiin.

Dan semoga shalawat serta salam selalu tercurah kepada junjungan kami Muhammad SAW, keluarganya dan semua sahabatnya, dan juga sampaikanlah salam. Aamiin.

Penulis: Diyan Wahyu Pradana || Sistem Informasi ITS 2013 || Direktur Jenderal FSLDK Komisi D JMMI ITS

Editor: Hafshah Mahfuzhoh, Arning Susilawati