(29/08/2015)  Dini hari di kampus ITS berbeda dari biasanya. Pintu gerbang yang biasanya masih tertutup hingga pukul 06.00, hari ini dibuka pukul 03.00. Jalan-jalan ramai oleh para akademisi yang mengendarai motor, mobil maupun berjalan kaki. Bus Kampus ITS yang biasanya hanya terparkir di sisi gedung, kali ini beroperasi membantu para pejalan kaki menuju tempat yang dituju. Menuju satu tempat yang sama, dengan tujuan yang sama.

Masjid Manarul ‘Ilmi ITS, ialah tempat yang dituju oleh seluruh akademisi. Mereka berbondong-bondong menuju masjid untuk melaksanakan kewajiban sholat subuh (Launching ITS Cinta Subuh).

Usai sholat subuh berjamaah, acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Prof. Joni Hermana selaku Rektor ITS 2015-2019.  Prof. Joni berpesan bahwa “Kuliah jangan hanya mencari gelar, jangan hanya mencari pekerjaan. Tapi juga niatkan untuk mencari ridho Allah.”

Acara dilanjutkan dengan tausiah oleh Ustadz Budi Ashari, Lc yang mendukung pernyataan Prof. Joni dengan mengungkapkan sebuah hadits Rasulullah SAW yaitu:

Barangsiapa yang menuntut ilmu yang seharusnya hanya ditujukan untuk mencari wajah Allah ‘Azza wa Jalla tetapi dia justru berniat untuk meraih bagian kehidupan dunia maka dia tidak akan mencium bau surga pada hari kiamat.” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud dishahihkan oleh Al-Hakim)

“Kalimat Rasulullah SAW tersebut adalah nasehat penting bagi umatnya, karena jika kuliah hanya mencari gelar dan pekerjaan, sungguh sangat kecil hasil yang kita dapatkan. Berbeda halnya jika kuliah dengan niat menuntut ilmu mencari ridho Allah, yakni dengan memberikan manfaat kepada orang-orang dengan mengajarkan ilmu, pengajian dan sebagainya. Sungguh, keberkahan yang didapatkan sangat besar manfaatnya dunia dan akhirat.” ungkap ustadz Budi memperjelas hadist Rasulullah tersebut.

Penulis : Hafshah Mahfuzhoh
Editor : Muhammad Aulia