#ITSCintaSubuh

Subuh pada Sabtu, 29 Agustus 2015, ada yang tidak biasa dengan kondisi Masjid Manarul Ilmi ITS. Sekitar 5000 mahasiswa, dosen, karyawan, dan berbagai elemen akademisi lainnya memenuhi masjid Manarul Ilmi ITS. Ya, Subuh tadi, Rektor ITS 2015-2019, Prof. Ir. Joni Hermana menginisiasi Gerakan Shalat Subuh Berjamaah di Masid Manarul Ilmi.

Dengan hashtag #ITSCintaSubuh, gerakan yang dikawal oleh JMMI ITS sebagai lembaga dakwah kampus ITS yang diinisasi bersamaan dengan event GERIGI ITS 2015, yaitu ospek (orientasi studi dan pengenalan kampus) tingkat institut yang diselenggarakan BEM ITS. Sekitar pukul 03.00, mahasiswa baru ITS angkatan 2015 sudah terlihat berdatangan memasuki ruang utama Masjid Manarul Ilmi ITS dan pada pukul 04.00 WIB masjid sudah penuh sesak.

Jumlah jamaah shalat subuh yang datang sampai membeludak ke tempat parkir utara Masjid Manarul Ilmi ITS. Panitia akhirnya menyediakan alas untuk menampung banyaknya jamaah tersebut. Padahal biasanya saat shalat Jum’at, jamaah Masjid Manarul Ilmi tidak sampai meluber ke parkiran.

Jamaah Shalat Subuh Masjid Manarul Ilmi ITS membeludak hingga parkiran
Jamaah Shalat Subuh Masjid Manarul Ilmi ITS membeludak hingga parkiran

Dalam sambutannya, Prof. Joni Hermana menyatakan bahwa ia berharap gerakan ini dapat menjadi penyadaran bagi mahasiswa ITS untuk terus mengawali segala aktivitas pagi dengan Shalat Subuh berjamaah ke Masjid. “Saya berharap nanti mahasiswa ITS dapat mengawali aktivitas paginya dengan berjamaah ke masjid. Sebab dalam hadis disebutkan, seandainya umat Rasulullah mengetahui keutamaan Shalat Isya’ dan Shalat Subuh berjamaah maka pastilah ia akan menuju ke masjid sekalipun merangkak,”ujar Prof. Joni Hermana dalam sambutannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tausiyah dari Ustadz Budi Ashari, Lc yang merupakan pengisi acara Khalifah di Trans 7. Dalam tausiyahnya beliau menerangkan tentang sejarah Umar bin Khattab yang dilantik menjadi Khalifah saat ba’da Subuh. “Lihatlah betapa luar biasa keberkahan waktu subuh. Khalifah Umar bin Khattab pada masa lampau dilantik menjadi Khalifah seusai shalat Shubuh. Hasilnya selama 10 tahun berkuasa, wilayah islam berkembang luas dan pesat. Bahkan disebut-sebut saat itu Umar adalah penegak keadilan terbaik setelah masa Rasulullah. Begitulah berkah waktu Shubuh,”ujar Ustadz Budi.

Acara selesai sekitar pukul 06.00, kemudian seluruh mahasiswa baru ITS langsung mendapatkan sarapan gratis yang diselenggarakan panitia ITS Cinta Subuh. Usai sarapan, mahasiswa baru ITS kemudian melanjutkan acara GERIGI ITS seperti biasa.

Penulis: Mushonnifun Faiz Sugihartanto – Kepala Departemen Keilmuan JMMI ITS
Editor: Arning Susilawati