Sabtu (28/03/2015), GMAIL (Gebyar Manarul Ilmi) mengadakan tabligh akbar dengan tema “Bersama Merangkai Cinta”. GMAIL merupakan serangkaian acara tahunan dari JMMI (Jamaah Masjid Manarul Ilmi). Puncak dari kegiatan GMAIL tabligh akbar yang tahun ini diisi oleh K.H Abdul Gymnastiar atau sering dipanggil dengan Aa Gym. Tujuan diadakan tabligh akbar ini tak luput dikarenakan rindu akan suasana masjid, dan diharapkan acara ini dapat bermanfaat bagi masyarakat tidak hanya untuk mahasiswa.

“Sebenarnya diadakan GMAIL ini karena rindu akan suasana masjid kampus yang dipenuhi oleh para pencari ilmu, dan dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” ujar Ahlun selaku panitia GMAIL 25.

Tidak kalah menarik, Dalam membungkus acara tabligh akbar ini, diadakan juga LDJ expo di parkiran utara Masjid Manarul Ilmi, dimana setiap LDJ (Lembaga Dakwah Jurusan) memberikan pencerdasan bagi para pengunjung tentang LDJ-nya meliputi pameran karya bebas, poster, serta foto kegiatan masing-masing LDJ.

“Dengan adanya LDJ expo maka dapat menjadi sarana pencerdasan bagi masyarakat yang berkunjung,” kata Darda.

Materi pembuka diisi oleh Prof. Dr. Ir. Abdullah Shahab, MSc dengan tema “Ukhuwah”. Ia menjelaskan bahwa manusia itu sebenarnya bersifat egois.

“Manusia itu pada prinsipnya adalah makhluk egois. Maka, egoisme tidak perlu didakwahkan. Yang perlu diajakan kepada manusia adalah tentang kepedulian,” tuturnya.

Lanjutnya, ia menerangkan bahwa umat Islam harus peduli terhadap sesamanya. “Ada dua jalan, A yang benar, dan B yang salah. Jika Anda melalui jalan A (yang benar), maka Anda wajib berbalik untuk memberi tahu yang lain.”

Setelah materi selesai, dilanjutkan dengan shalat ashar. Tak lama kemudian setelah jamaah selesai shalat, Aa gym datang menuju panggung. Ia membawakan materi khasnya tentang hati yang bertujuan untuk menata ulang para hati pengunjung menuju akhlaq yang lebih baik.

“Semua tergantung dengan akhlaq, bila ingin melihat seseorang yang takut terhadap Allah , otomatis ia akan menjaga lisan, prilaku, serta hatinya juga,”

Akhlaq berasala dari hati. Menurut Aa Gym, ada 5 penyakit hati yang adalam diri manusia yang terangkum dalam rumus TENGIL ( takabur, egois, galak , dengki, norak, dan licik).

Diharapkan kedepannya acara GMAIL ini tidak hanya dalam lingkup jawa timur tetapi dalam skala nasional, dan GMAIL sendiri  dapat dikenal baik oleh Keluarga mahasiswa ITS dalam bidang agama dan sosialnya. (deo/fzb)

SHARE
Previous articleJMMI Writing Compilation : Cinta
Next articleMembaca Zaman, Bersatu Untuk Kebangkitan Islam
Kita lihat hari ini, banyak kerusakan di muka bumi terjadi karena bukan orang Islam yang menguasai Media. Kami, Islamic Press JMMI ITS 1617 berusaha menghadirkan perubahan bagi kebaikan umat Islam melalui media. Bersama-sama kita wujudkan media yang menjadi pencerdas masyarakat. Islamic Press, sang Inisiator Perubahan !!!