10488176_602010736586771_6251653437374686286_n
Suasana aksi

Jumat (11/7), Ratusan orang yang tergabung dalam aliansi 3G (Guyub Gae Gaza), melakukan aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk rakyat Palestina di depan gedung Grahadi, Surabaya. Aksi tersebut merupakan respons terhadap serangan yang dilakukan Israel sejak Selasa, 8 Juli 2014.

“Kami tergerak melakukan aksi solidaritas, penggalangan dana, menunjukkan bahwa Indonesia juga terluka ketika Gaza terluka. Allahu Akbar!” seru koordinator aksi.

Aliansi 3G terdiri dari FSLDK Surabaya Raya, BSMI Surabaya, IKADI Surabaya, MUI, Hidayatullah Surabaya, KAMMI daerah Surabaya, Forum Lingkar Pena, FoSSEI, Al Uswah, serta ratusan massa simpatisan lain dari masyarakat Surabaya dan Sekitarnya.

Menurut Anugro Arbi Rivandi, ketua KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) daerah Surabaya yang turut serta dalam aksi itu, masyarakat harus menolak, menekan, sekaligus mengecam kebiadaban Israel beserta sekutu-sekutunya, entah Amerika maupun Uni Eropa.

“Kita menagih kepada mereka. Mereka menyeru-nyerukan terkait hak asasi manusia. Sementara sekutunya mereka sendiri, dalam hal ini Zionis Israel, melanggar dengan terang-terangan melalui pembantaian kepada warga Gaza, Palestina,” koarnya.

Dalam aksi itu, turut hadir juga Sinta Yudisia, Ketua Umum FLP (Forum Lingkar Pena). Menurutnya, aksi tersebut dilakukan bukan untuk sekadar meneriakkan propaganda. Melainkan untuk mendorong orang memanjatkan doa dan infaq terbaik mereka.

Pada kesempatan itu, Sinta hadir untuk membacakan dua puisi karya penyair Palestina. “Akan saya bacakan dua puisi karya penyair Palestina. Yang pertama, karya Harun Hasyim Rasyid, yang sepanjang hidupnya berada di bawah tekanan Zionis Israel. Yang kedua akan saya bacakan puisi karya anak pengungsi Palestina yang masih berusia 13 tahun menitipkan puisi ini bagi kita saudara-saudara muslim,” tuturnya. Dua puisi tersebut, menggambarkan keadaan warga Palestina yang penuh dengan derita.

Aksi serupa juga digelar diberbagai kota besar, seperti Jakarta, Bandung, juga Padang secara serentak. Aksi yang berlangsung kurang lebih satu jam itu juga disertai dengan doa bersama dan penggalangan dana. Di Surabaya telah terkumpul donasi sebesar Rp. 38.184.500,- beserta beberapa perhiasan emas. (fzb/srp)

SHARE
Previous articlePuisi : Sognando Palestina
Next articleSabar Dalam Menjemput Rezeki
FSLDK merupakan sebuah lini yang menjembatani JMMI ITS dengan dengan LDK di Surabaya maupun LDK luar Surabaya. FSLDK memiliki jaringan LDK tingkat nasional, agar tercipta gerak dakwah yang sinergi di seluruh Indonesia. (FSLDK Sinergi, Akselerasi, Kontribusi)