1001453_413679508746319_711660074_n

Kegiatan sosial yang dilakukan Badan Semi Otonom BPU JMMI ITS yang diperuntukkan untuk ibu-ibu pemungut sampah yang ada di sekitar ITS. Bekerja sama dengan Kampus Peduli Surabaya yang merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak dalam ranah kepedulian sosial di lingkup Surabaya dan sekitarnya. Kegiatan ini juga mengikutsertakan ibu-ibu binaan BPU yang bermata pencaharian menjadi pemungut sampah.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00-11.00 WIB 19 Juni 2013. Sekitar kurang lebih dalam 3 jam itu, Kampus Peduli Surabaya dan BPU menata alur dari kegiatan ini. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari perwakilan Kampus Peduli Surabaya. Di sesi utama terdapat permainan game buat ibu ibu dan adik adik pemulung yang ikut dalam kegiatan ini.

Rasa senang mereka terlihat dalam sesi ini, semua tertawa dan bergembira bersama di game ini. Yang kalah dalam permainan tidak dikenai hukuman dan bagi yang memenangkannya akan mendapat hadiah dari panitia. Game yang sudah dibuat panitia adalah menyanyikan beberapa lagu yang digemari buat ibu-ibu dan adik-adik, serta ada juga hafalan doa dan surat pendek untuk adik-adik. Di sesi selanjutnya merupakan sesi pembagian bantuan. Dalam suatu kegiatan sosial, saling berbagi merupakan hal yang paling utama. Oleh karena itu, kebutuhan sandang dan juga tas sekolah dikumpulkan oleh Kampus Peduli Surabaya dan BPU, lalu dibagikan kepada adik-adik dan ibu-ibu pada kegiatan BERKALUNG ini. Ibu-ibu diberikan sebuah kupon bernomor yang akan ditukarkan dengan bantuan berupa kebutuhan sandang ataupun tas sekolah tersebut.

Ketika menukarkan nomor tersebut, baik ibu-ibu, adik-adik, maupun panitia disusahkan dengan mencari bungkusan-bungkusan bantuan sandang dan tas tersebut yang sesuai dengan nomor kupon yang telah tertera dikupon ataupun di bungkusan tersebut.
Setelah pembagian bantuan tersebut, masuklah kegiatan pada sesi penghujung. Waktu pada sesi ini mulai menginjak pada siang hari. Panasnya Kota Surabaya mulai memancar di dalam kegiatan ini dan membuat kepanasan panitia, adik-adik, dan ibu-ibu. Oleh karena dari panitia memberikan bingkisan nasi kotak dan air mineral sebagai konsumsi di kegiatan ini sebelum kegiatan ini berakhir untuk dibawa pulang kerumahnya masing masing.

Kegiatan ini ditutup oleh doa bersama dan foto bareng. Dari kegiatan ini diharapkan para ibu dan adik-adik mendapat keringanan dari segi kebutuhan sandang dan menambah semangat ibu-ibu ataupun adik-adik.

SHARE
Previous articleJMMI Bimbing Anak Keputih Hadapi UASBN
Next articleBPU feat Baitul Maal Manfaat
Kita lihat hari ini, banyak kerusakan di muka bumi terjadi karena bukan orang Islam yang menguasai Media. Kami, Islamic Press JMMI ITS 1617 berusaha menghadirkan perubahan bagi kebaikan umat Islam melalui media. Bersama-sama kita wujudkan media yang menjadi pencerdas masyarakat. Islamic Press, sang Inisiator Perubahan !!!